Cara Convert Format Gambar Png, Jpg, Jpeg Ke Webp Offline Gratis

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Kali ini dukuntekno akan membuat sebuah tutorial cara mengubah format gambar JPG, JPEG dan PNG ke format gambar WEBP. Format gambar Webp merupakan format gambar yang diperkenalkan oleh Google untuk para publiser, format ini memiliki keunggulan dalam hal ukuran per byte nya, Webp memiliki lossless dan lossy tinggi, dan google mengklaim bahwa Webp memiliki ukuran sekitar 26% lebih kecil bila dibandingkan dengan format gambar Jpeg dan Png.

Format gambar Webp amat sangat di peruntukan bagi para publiser supaya halaman situsnya mampu dimuat lebih cepat, karena secara menyeluruh ukuran laman situs dipengaruhi oleh ukuran gambarnya. Lalu bagaimana mengubah format Png, Jpg, Jpeg Ke Webp? Anda bisa menggunakan aplikasi windows yang bernama Romeolight Webpconv yang bisa konvert banyak gambar sekaligus.

Aplikasi Romeolight Webpconv tidak hanya bisa mengubah format Png, Jpg, Jpeg Ke Webp tetapi juga sebaliknya. Anda bisa mengatur kualitas gambar yang akan di convert, mulai dari ukuran rasio pixel hasil konvert, dukungan transparansi, menghapus metadata gambar, dll sebelum mengkonvert. Udah gak sabar? berikut tutorialnya.

Cara Convert Format Gambar Png, Jpg, Jpeg Ke Webp Dengan Romeolight Webpconv
1. Unduh dan instal Romeolight Webpconv.

2. Buka aplikasi Romeolight Webpconv, perhatikan gambar berikut ini.
Cara Convert Format Gambar Png, Jpg, Jpeg Ke Webp Secara Offline Gratis

3. Ada menu pengaturan sehingga Anda bisa mengatur kualitas gambar yang akan di convert, mulai dari ukuran rasio pixel hasil konvert, dukungan transparansi, menghapus metadata gambar, dll sebelum mengkonvert. Dan berikut perbandingan format gambar JPG, PNG dan WEBP yang memiliki ukuran pixel dan gambar yang sama.
Dan berikut perbandingan format gambar JPG, PNG dan WEBP yang memiliki ukuran pixel dan gambar yang sama.

Nah itulah cara mengubah format gambar JPG, PNG dan WEBP secara gratis. Semoga bermanfaat buat temen-temen, sekian dan terimakasih!

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.