Cara Setting Booting CD, DVD Atau USB Flashdisk Pada Laptop Dan Komputer

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Dikesempatan kali ini Dukuntekno akan membagikan tutorial langkah-langkah cara mengatur BIOS supaya bisa booting ke CD, DVD, USB Flashdisk, USB SD Card atau perangkat memory lainnya. Tutorial ini sangat mudah sekali dan pasti kalian bisa mengikutinya walaupun berbeda merek BIOS sekalipun. Tutorial ini bisa di praktekan di perangkat laptop maupun komputer PC. Baiklah simak baik-baik ya.

Fungsi Boot
Fungsi Boot sendiri bertujuan mengatur laptop, komputer supaya menjalankan sistem operasi yang tersimpan pada media penyimpanan tertentu ketika pertama kali dihidupkan, contohnya: ketika sebuah sistem operasi terinstal didalam sebuah HDD, maka pengaturan Boot harus di prioritaskan ke HDD tersebut, supaya ketika laptop dihidupkan, OS yg terpasang di HDD dapat berjalan.

Oh ya kalian jangan takut untuk melakukan tutorial ini, jikapun anda salah melakukan pengaturan BIOS dan malah error, jangan panik karena kesalahan setting BIOS bukan termasuk kesalahan fatal. Karena tidak akan ada bagian perangkat keras yang rusak karena salah konfigurasi BIOS, apalagi cuma mengatur Boot Priority.

Tutorial Mengatur Boot Priority Pada Laptop Dan Komputer
1. Pertama-tama, kita mulai ketika kondisi komputer atau laptop dalam keadaan mati namun baterai sudah terisi, anda bisa sambil men charge untuk melakakan hal ini.

2. Hidupkan laptop atau komputer PC dengan tombol kombinasi, jangan gunakan tombol power saja, hal ini supaya Laptop bisa masuk ke menu BIOS, karena di BIOS inilah kita akan mengkonfigurasi Boot nya.

3. Untuk Komputer biasanya semua komputer bisa masuk menu BIOS dengan menekan tombol Power + tombol Del. (tekan tombol del berkalai2 hingga masuk BIOS). Untuk laptop umumnya menggunakan tombol Power + F2.

4. Setelah masuk ke menu BIOS. Pilih Opsi "Boot Set Up" atau juga "Boot Configuration" atau "Advance Setting" atau menu yang menggunakan kata-kata "boot".

5. Atur supaya Boot Priority no 1 adalah drive memory yang ingin anda booting saat komputer pertama kali dinyalakan. Pada gambar berikut, drive dengan nama ST500lt012-9WS1 adalah kode model HDD yang terpasang di Laptop saya,

6. Setelah itu tekan tombol F10 untuk menyimpan pengaturan BIOS, lalu "Yes". Dan selesai.

Nah mudah bukan? jika masih bingung biasanya bagian yang membingungkan ada pada tombol kombinasi untuk masuk ke menu BIOSnya, tanyakan saja di kolom komentar. Insayallah nanti akan saya jawab secepatnya. Terimakasih semoga bermanfaat!

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.