Cara Setting BIOS Biar Bisa Boot CD, DVD Atau USB Flashdisk

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Dikesempatan kali ini Dukuntekno akan membagikan tutorial langkah-langkah cara mengatur BIOS supaya bisa booting ke CD, DVD, USB Flashdisk, USB SD Card atau perangkat memory lainnya. Tutorial ini sangat mudah sekali dan pasti kalian bisa mengikutinya walaupun berbeda merek BIOS sekalipun. Tutorial ini bisa di praktekan di perangkat laptop maupu komputer PC. Baiklah simak baik-baik ya.

Oh ya jikapun anda salah melakukan pengaturan BIOS ini dan malah error, jangan panik karena kesalahan setting BIOS bukan termasuk kesalahan fatal. Karena tidak ditemukan kejadian ada bagian perangkat keras yang rusak karena salah konfigurasi BIOS, apalagi cuma mengatur Boot Priority.

Tutorial
1. Pertama-tama, kita mulai ketika kondisi komputer atau laptop dalam keadaan mati.

2. Lalu pastikan perangkat memory yang ingin di boot telah terpasang di laptop ataupun komputer.

3. Hidupkan laptop atau komputer PC, segera setelah itu tekan tombol kombinasi unik supaya bisa masuk ke bios, Umumnya tombol kombinasinya adalah Fn + F1 / Fn + F2 untuk Laptop. Sedangkan untuk PC Komputer cukup tekan tombol Del.

4. Setelah masuk ke menu BIOS. Pilih Opsi "Boot Set Up" atau juga "Boot Configuration" atau "Advance Setting" atau menu yang menggunakan kata-kata "boot".

5. Atur supaya Boot Priority no 1 adalah drive memory yang ingin anda booting saat komputer pertama kali dinyalakan.

6. Tekan F10 untuk menyimpan pengaturan BIOS, lalu "Yes". Dan selesai

Nah mudah bukan? jika masih bingung biasanya bagian yang membingungkan ada pada tombol kombinasi untuk masuk ke menu BIOSnya, tanyakan saja di kolom komentar. Insayallah nanti akan saya jawab dengan cepat, karena ketika ada komentar datang, email saya di Smartphone mendapatkan pemberitahuan. Terimakasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

RELATED POST
Disqus Comments