Cara Menambah VRAM Lewat BIOS

Selamat pagi kawan Dukuntekno, kali ini saya akan membagikan tutorial cara menambah ukuran memory VRAM di komputer atau Laptop windows melalui BIOS. 

Fungsi VRAM dalam performa komputer atau laptop cukup penting. VRAM berfungsi untuk menyimpan data frambuffer yang sedang dikerjakan oleh GPU, semakin basar kapasitas VRAM maka akan semakin banyak data yang dapat di proses.

Mengatur ukuran VRAM dapat di lakukan melalui BIOS, berikut tutorialnya:

Tutorial
1. Masuk ke menu BIOS laptop sobat, caranya dengan menekan tombol pada keyboard saat menyalakan laptop (setiap Laptop tombolnya berbeda). Silahkan buka tautan berikut untuk cara masuk BIOS di laptop: https://www.dukuntekno.com/2018/01/cara-masuk-bios-di-laptop-asus-acer.html

2. Setelah masuk menu BIOS, buka menu yang ada tulisan Advance kurang lebih seperti gambar dibawah.
3. Jika tidak ada pilihan Advanced, Pilih yang hampir mirip (misal: Chipset Features Setup, Advance Chipset Features, dll) biasanya beda BIOS, pilihannya juga beda (walaupun kebanyakan hanya beda kata-kata saja). 

4. Setting pada pilihan Total Graphic Memory  (lebih tepatnya pada tulisan yang di blok merah pada gambar diatas). Pilih  besar memori yang ingin sobat ubah, kemudian tekan ENTER.

5. Save Settingan BIOSnya dengan cara kli tombol F10. selesai.

NB : ini tidak berlaku pada semua bios ya sob, ini hanya berlaku pada type bios tertentu, semoga bois laptop/pc anda sama dengan punya saya.