Cara Masuk BIOS Pada Semua Laptop

Fungsi BIOS Pada dasarnya digunakan untuk konfigurasi sistem paling dasar, seperti tanggal, boot drive, memory video, dll. Jarang sekali pengguna akhir atau konsumen mengotak-atik atau mengubah pengaturan pada BIOS karena jika salah pengaturannya bisa membuat Laptop atau komputer menjadi rusak, sehingga cara masuk ke menu BIOS sengaja di bikin ribet supaya tidak mudah di ubah.
SMoKe Patch X15 Version 10.1.5 AIO Season 2017/2018 For PES 2018

Untuk masuk ke menu BIOS, pertama kenali merek Laptop. Setelah tau jenis leptopnya, kita mulai ketika Laptop dalam keadaan mati / shutdown. Setelah itu hidupkan laptop dan saat laptop mulai memperlihatkan tanda pengenalnya (maksud saya: Merek Laptop) dan belum menampilkan Operasi Sistem yang anda gunakan, maka disaat itulah anda bisa masuk ke Bios dengan menekan tombol F2, F12 atau tombol Del dan berbagai tombol lainnya (tergantung laptop yang anda gunakan).

Nah, untuk membedakan cara masuk ke Bios tersebut, saya sajikan untuk anda daftar lengkap cara masuk ke Bios dengan laptop yang berbeda-beda.

Asus
Untuk masuk ke Bios laptop Asus anda harus menekan tombol F2 dan DEL secara bergantian sampai laptop diarahkan ke Bios.

Acer
Untuk masuk ke Bios laptop Acer anda harus menekan tombol F2 (pendam) sampai laptop diarahkan ke Bios.

COMPAG
Untuk masuk ke Bios laptop Compag anda harus menekan tombol F10 saat laptop berkedip atau dalam beberapa kasus anda harus menekan tombol F10 ketika logo (Merek Laptop) Compag muncul.

DELL
Untuk masuk ke Bios laptop Dell sangat berbeda dengan laptop merek lain, yang harus anda tekan adalah tombol CTRL+ALT+ENTER (untuk beberapa merek dari Dell harus menekan tombol Reset setelahnya sebanyak 2 kali), lakukan sampai laptop diarahkan ke Bios.

LENOVO
Untuk masuk ke Bios laptop Lenovo hampir sama dengan laptop Asus, namun yang harus anda tekan adalah tombol F2 dan tombol FN secara bersamaan sampai laptop diarahkan ke Bios.

Phoenix
Untuk masuk ke Bios laptop Phoenix anda harus menekan tombol CTRL+ALT+S atau bisa juga dengan hanya menekan CTRL+S saja.

Sony
Untuk masuk ke Bios laptop Sony sama halnya dengan halnya laptop Acer yaitu hanya menekan tombol F2.

Toshiba
untuk masuk ke Bios laptop toshiba keluaran lama biasanya menggunakan tombol ESC, namun untuk keluaran terbaru anda harus menekan tombol F2 sampai laptop diarahkan ke Bios.

Sebagian cara di atas saya dapatkan berdasarkan pengalaman sendiri yang saya dapat dari buku panduan dan beberapa di antaranya saya dapat dari google. Jika ada jenis laptop yang anda gunakan tidak terdaftar atau tidak saya sebutkan, silahkan berkomentar.