-->

Cara Optimasi Performa Gaming Pada Prosesor AMD APU


Gunakan RAM Dual Channel
Dual Channel adalah penggunaan 2 keping ram dalam satu sistem komputer sehingga menghasilakan peningkatan kecepatan transfer data pada RAM, caranya adalah memasang dua buah ram yang memiliki spesifikasi identik dan sama dari segi ruang memory dan frequensi RAM pada papan motherboard. Untuk memasang konfigurasi ini biasanya RAM akan di pasang di slot dengan warna yang sama.

Keuntungan Dual Channel
Dengan menggunakan 2 buah keping RAM, secara teoritis akan meningkatakan kecepatan dan ruang memory hingga hampir dua kali lipat dibanding single channel, naiknya performa RAM akan meningkatkan kinerja komputer secara keseluruhan, tidak hanya ketika bermain game namun juga semua pekerjaan yang dilakukan di komputer dengan konfigurasi RAM dual channel. karena APU menggunakan RAM sistem, jadi meningkatkan kinerja RAM juga akan meningkatkan kinerja APU.

Cara Memilih RAM Dual Channel
Pastikan RAM yang akan dipasang memiliki sepsifikasi yang sama, seperti frquensi dan ukuran ruang memory, contoh: frquensi 1866-2133MH, memory 4GB. Namun biasanya vendor memory ram telah menjual produknya dengan satu pasang / dua keping, agar bisa langsung dipakai dengan konfigurasi dual channel.

Alokasikan VRAM Lebih Banyak
Dengan menambah ruang video memory akan meningkatkan ruang memory grafis terutama untuk game, termasuk grafis 3D. VRAM yang besar diperlukan jika konten grafis 3D memuat banyak gambar dalam tampilan layar, seperti menunjukkan kota yang besar dan ramai, banyak mobil yang bergerak, hal ini membutuhkan ruang memory untuk menyimpan konten tersebut.

Cara Meningkatkan Ruang VRAM Di APU
Pertam-tama anda masuk BIOS > masuk ke menu advance > pilih 2GB untuk VRAM nya. Sebenarnya ada banyak pilihan mulai dari 64MB, 128MB, 256MB, 512MB, 1GB dan 2GB.

Aktifkan Dual Graphic Jika Tersedia GPU AMD Lain
Dual Graphic adalah sebuah fitur multi GPU untuk menggabungkan Dedicate GPU dan GPU APU untuk mendapatkan komputasi grafis yang lebih baik. Hal ini akan meningkatkan performa grafis hingga hampir dua kali lipat tergantung dari seri GPU yang akan di padukan. Jika anda menggunakan laptop dengan spesifikasi memiliki 2 buah GPU anda bisa menggabungkanya untuk mendapatkan kemampuan gaming yang lebih baik. Langkah-Langkahnya seperti berikut:

Untuk Driver Catalyst, Jika menggunakan Driver Catalyst, buka menu Performance > AMD Radeo Dual Graphic > Enable AMD Dual Graphic. Lihat gambar dibawah.

Untuk Driver Crimson, Jika Menggunakan Driver Crimson Edition, buka Preferences di bagian bawah dengan logo roda gigi > Radeon Additional Setting.

Maka akan terbuka jendela baru mirip pada driver Catalyst, Buka menu Performance > AMD Radeo Dual Graphic > Enable AMD Dual Graphic. Lihat gambar dibawah.

Gunakan Driver Terbaru
Hanya dengan menggunakan driver yang tepat, komputer dengan spesifikasi APU dapat meningkat performanya hingga 30% (tergantung konfigurasi hardware). Jadi jika Anda menginginkan peningkatan performa secara GRATIS, segera update driver Catalyst / Crimson ke versi terbaru.

Terdapat dua cara untuk melakukan update driver Catalyst, pertama yaitu dengan software updater yang dapat mendeteksi jenis driver paling cocok untuk hardware Anda secara otomatis, atau yang kedua dengan melakukan pemilihan driver spesifik secara manual sesuai dengan tipe hardware dan OS yang digunakan. Kedua cara ini dapat dilakukan dengan mengakses tautan berikut: http://support.amd.com/en-us/download.

Charger Jika Di Laptop
Dengan mencharger laptop akan ada banyak pasokan listrik yang masuk ke laptop, anda bisa menseting GPU akar bekerja secara penuh tanpa kawatir laptop kekurangan daya. Efek negatif yang ditimbulkan dengan cara ini adalah pada laptop tertentu, hal ini dapat merusak dan menurunkan umur baterai, sehingga kenali lebih dulu apakah laptop anda aman untuk bermain game sambil di charger atau tidak.