-->

Cara Meningkatkan Performa Emulator Bluestack Di Windows

Bluestack merupakan emulator android yang cukup populer dibanding emulator-emulator yang lain. Kemudahan dalam penggunaan seperti hanya smartphone android, tetapi tentu bagi anda yang pernah menggunakan bluestack sebelumnya pasti tidak lepas dari lag yang timbul akibat aplikasi ini. Ini dikarenakan bluestack membutuhkan banyak resourc komputasi agar berjalan mulus, dukuntekno akan membagikan tips-tips agar emulator bluestack berjalan mulus dan lancar.

Mengapa BlueStack Menjadi Lemot?
Mungkin ada pertanyaan dibenak anda, kita tahu bahwa android umumnya berjalan pada mesin yang memiliki performa rendah dengan prosesor ARM, namun mengapa Bluestack berjalan lebih lemot, padahal dipasang pada komputer dengan spesifikasi diatas rata-rata dengan prosesor Intel atau AMD, bahkan komputer tersebut mampu memainkan game dengan grafis yang jauh lebih baik bila dibandingkan dengan grafis game Android.

Memang benar bahwa smartphone Android memiliki spesifikasi lebih lamban bila dibandingkan dengan perangkat komputer. Contohnya, Android menggunakan CPU ARM dengan frkuensi 1,5Mhz dual core atau lebih ditambah dengan GPU tertentu seperti Adreno, Mali, dll. Sedangkan CPU pada komputer umumnya bisa sampai 3.2Ghz dan bisa datang hingga lebih dari 2 core, ditambah dengan GPU dengan kinerja yang lebih baik hingga 1Ghz lebih. Lalu mengapa Android berjalan lamban di perangkat yang lebih maju? Ini dikarenakan sebuah program yang di buat pada Android, benar-benar berbeda dengan apa yang ada pada Komputer. Android sepenuhnya di buat untuk prosesor berbasis arm. Jadi jika ingin android bisa digunakan di prosesor intel, pihak pengembang harus memulai dari Awal sama persis seperti ketika mengembangkan android di versi ARM. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan kinerja bluestack.

Dari Segi Software
1. Matikan bluestack service sebelum memulai dengan cara, Buka folder instalasi bluestack > Cari dan double click file HD_Quit.exe.
1. Matikan bluestack service sebelum memulai dengan cara, Buka folder instalasi bluestack > Cari dan double click file HD_Quit.exe.

2. Buat sebuah file dword registry dengan cara, tekan tombol Win+R > isi regedit > maka terbuka aplikasi registry editor > arahkan ke HKEY_LOCAL_MACHINE/SOFTWARE/BlueStacks/Guests/Android > Buka dword memory > isi dengan nilai RAM yang yang akan dipakai aplikasi Bluestack.
2. Buat sebuah file dword registry dengan cara, tekan tombol Win+R > isi regedit > maka terbuka aplikasi registry editor > arahkan ke HKEY_LOCAL_MACHINE/SOFTWARE/BlueStacks/Guests/Android > Buka dword memory > isi dengan nilai RAM yang yang akan dipakai aplikasi Bluestack.

3. Update Versi Bluestack
4. Gunakan Emulator Lain Yang Lebih Ringan.

Dari Segi Hardware ( Upgrade Mungkin Dibutuhkan )
1. Gunakan RAM Dual Channel
2. Gunakan OS 64Bit
3. Gunakan RAM 8GB Atau Lebih
4. Gunakan CPU 4 Core keatas
5. Gunakan RAMDisk dan instal Bluestack di RAM Disk. apa itu ramdisk?