Apa Itu Turbo Core Pada CPU AMD, Penjelasan Versi Dukun Tekno


Penjelasan
AMD Turbo Core adalah sebuah teknologi untuk meningkatkan kinerja prosesor tanpa melewati batas nila Thermal Disign Power atau TDP. Fitur Turbo Core sudah ada kurang lebih pada 95% pada produk prosesor AMD mulai dari prosesor Phenom, Athlon, Sempron, FX Series hingga APU. AMD Turbo Core memiliki kodename "AMD Core Performance Boost", merupakan teknologi yang memungkinkan untuk mengontrol frekuensi operasi dengan mengikuti kinerja yang dibutuhkan namun tetap menjaga daya dibawah TDP (Thermal Design Power), ini merupakan jenis teknologi CPU Dynamic Frequency Scalling. Teknologi ini diperkenalkan pada tahun 2011 untuk prosesor seri AMD Opteron, FX, dan APU. Teknologi ini mirip dengan milik Intel namun dengan istilah yang berbeda yaitu Intel Turbo Boost.

Cara Kerja
Para insinyur menyadari bahwa pada CPU bermulti core (contoh 4 core/ 4 otak), tidak semua aplikasi program memanfaatkan semua core yang ada. sehingga disini ada core yang tidak aktif, secara otomatis core yang tidak aktif tersebut hanya sedikit mengkonsumsi daya listrik atau bahkan samasekali tidak mengkonsumsi daya listrik. Untuk memanfaatkan daya yang terbuang, daya listrik tersebut akan dialihkan kepada core yang aktif, sehingga core aktif mendapatkan suplai daya yang lebih untuk dipakai meningkatkan frequency clock.
Pengaturan AMD Turbo Core Di BIOS Yang Diaktifkan
Pada dasarnya Turbo Core seperti  underclock / menutup core yang tidak dibutuhkan dan overclock pada core yang digunakan, ini akibat dari program yang tidak memanfaatkan semua core, sehingga ada core yang tidak aktif. Saya membaca beberapa info diinternet yang menyatakan bahwa ada dua tahap supaya Turbo Core aktif. Tahap 1 adalah semua core aktif telah mencapai frekuensi tertentu (tergantung pada TDP CPU) dan core lainnya hanya mencapai  frequensi setengahnya. Contoh agan punya prosesor 8 core dengan 4 FPUs  (yang digunakan dalam game/permainan), dan program permainan hanya memakai 4 core saja. Dengan turbo core yang diaktifkan melalui BIOS,  Daya dialihkan ke 4 core yang aktif, dan core yang lain kehilangan daya, hal ini masih berada di bawah nilai TDP.

Sekali lagi Teknologi ini tidak akan mengkonsumsi daya melebihi nilai TDP, karena hanya aktif pada kondisi tertentu dan mungkin juga hanya suport pada motherboard tertentu. Intinya teknology ini memungkinkan peningkatan operasi tanpa mengkonsumsi daya yang lebih.

Manfaat / Keuntungan
  • Peningkatan frequency clock hingga 500Mhz untuk semua core.
  • Pada Phenom II T1100 X6 dengan 6 core maka turbo core akan aktif jika kondisi sebagai berikut:
  1. Turbo core aktif jika hanya ada 3 / lebih sedikit core yang aktif.
  2. Belum mencapai TDP.
  3. Ketika aktif, frequensi 3 core akan naik 400MHz dan lainya 800MHz.

Masalah
Windows task scheduler terkadang tidak mengetahui bahwa prosesor beroprasi pada frequensi yang lebih tinggi dari yang seharusnya sehingga akan membuang thread thread yang ada karena terlalu cepat menyelasaikan perintah, hal ini membuat beberapa thread ada yang terlewati.