Apa Itu Crossfire, SLI, Dual Graphic, Dual GPU

Banyak sekali istilah yang ada pada teknologi saat ini, terutama dalam hal pemrosesan grafis. Namun kita kadang - kadang tidak mengerti fungsi dan perbedaan pada setiap teknolog, padahal jika dilihat cara kerajanya tidak beda jauh dengan vendor pesaingnya. Disini Dukun Tekno akan membahas mengenai penggabungan 2 atau lebih kartu VGA Card dimana setiap vendor memiliki istilah sendiri untuk menyebutkanya.

CrossFireX
Hanya Gambar ilustrasi: 7870 dan 7770  kompatible untuk Crossfire
Crossfire adalah sebuah istilah yang di cetuskan oleh AMD untuk solusi Multi-GPU dengan tujuan untuk mendapatkan performa gaming yang lebih baik dari sisi harga, dari pada harus membeli VGA Card kelas atas yang harganya bisa berlipat. Sebuah komputer dapat di pasang 4 Video Card yang mendukung fitur CrossFire dengan syarat VGA Card yang terpasang harus kompatible satu sama lain, dengan kata lain harus satu model VGA Card, contoh: HD 7770 dengan HD 7770. Hal ini dapat meningkatkan Kekuatan pemprosesan grafis. Berikut tutorial cara mengaktifkan AMD Crossfire, dan berikut daftar VGA yang saling kompatibel untuk dilakukan Crossfire.

SLI ( Scalable Link Interface )
SLI atau Scalable Link Interface adalah fitur Multi-GPU untuk produk NVidia hampir sama dengan AMD Crossfire namun biasanya memiliki carakerja yang sedikit berbeda. SLI adalah pengolah grafis pararel yang menghasilkan satu OutPut Video untuk meningkatkan kekuatan pemrosesan grafis. Awalnya teknologi ini bernama  Scan Line Interleave yang di pakai oleh perusahaan 3DFX. Setelah perusahaan 3DFX di beli Nvidia pada 2004 nama berubah menjadi Scalable Link Interface.

Dual Graphic
Dual Graphic adalah istilah Multi-GPU pada produk AMD untuk penggabungan teknologi APU dan Video Card tertentu, perbedaan dengan Crossfire adalah APU ( Acelerate Processing Unit ) merupakan CPU yang juga tertanam sebuah GPU, disini APU yang sudah ada GPU nya di gabung dengan Graphic Card sehingga terjadi kombinasi multi GPU.

Dual GPU
Dual GPU adalah istilah yang merujuk pada Kartu Video yang menggunakan 2 buah Chip GPU. sebuah graphich card yang menggunakan 2 GPU akan memiliki kemampuan pemrosesan grafis 80% lebih kuat dari pada menggunakan 1 buah chip GPU.

Keteranagan Lain
Ada beberapa kekurangan Jika menggunakan Multi GPU:
1. Pada GPU yang Suport layar 4K contoh Radeon 7990 kinerja akan lebih baik pada Singgle GPU.
2. Tidak semua game suport Multi GPU.
3. Di butuhkan Upgrade komponen seperti PSU