Cara Mengaktifkan Fitur AMD CrossfireX Dan APU Dual Graphic


CrossFire / CrossFireX / Dual Graphic adalah solusi untuk anda yang memiliki 2 atau lebih VGA Card dengan GPU yang tertanam dari AMD untuk menggabungkan keduanya dengan tujuan untuk meningkatkan kekuatan pemprosesan grafis ketikan memainkan game. Ini merupakan konfigurasi multi GPU, untuk melakukannya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Syarat & Bahan
1. OS Windows 64bit 7, 8.1, 10.
2. Mobo Suport Crossfire, mobo seperti ini biasanya datang dengan 2 atau lebih slot PCIe x16 ( untuk dual graphich abaikan langkah ini ).
3. 2 Atau lebih VGA Card/Dedicated GPU dengan seri yang sama dan mendukung Crossfire ( untuk dual graphich abaikan langkah ini ).
4. Driver terbaru yakni Crimson Edition.
5. Kabel Jembatan untuk Crossfire (Jika port memiliki 2 slot kabel crossfire, bisa di isi hanya sati kabel tetapi akan lebih baik jika semuanya terpasang kabel jembatan).
kabel crossfire
Kabel Crosfire

Langkah Melakukan CrossfireX
1. Instal terlebih dahulu driver terbaru, Jika sudah selesai lalu matikan komputer.
2. Pasang kedua VGA Card tadi ke motherboard pada masing-masing slot PCIe x16, lalu setelah itu hubungkan keduanya mengunggunakan kabel Crossfire seperti gambar dibawah ( untuk dual graphich abaikan langkah ini ).


3. Hidupkan kembali komputer.
4. Buka Driver melalui desktop dengan cara klik kanan di area desktop kosong > lalu pilih Catalyst atau Radeon Setting.
5. Enabelkan AMD Crossfire:

Catalyst
  1. Jika menggunakan Driver Catalyst, buka menu Performance > AMD CrossfireX > Enable AMD CrossFireX. Lihat gambar dibawah.

Crimson
  1. Jika Menggunakan Driver Crimson Edition, buka Preferences di bagian bawah dengan logo roda gigi > Radeon Additional Setting.
  2. Maka akan terbuka jendela baru mirip pada driver Catalyst, Buka menu Game > AMD Crossfire > Enable AMD Crossfire. Lihat gambar dibawah.

Pertanyaan Seputar AMD Multi GPU
Tanya: Saya mau tanya gan, klo AMD Hybrid Crossfire itu apa ya gan? apa ada hubunganya dengan konfigurasi multi GPU?
Jawab: Hybrid Crossfire itu berbeda dengan istilah crossfire lainya, ini merupakan fitur beralih ke modus GPU low voltage dengan GPU utama. Hybrid Crossfire menggabungkan GPU onboard dengan GPU diskrit, GPU oboard akan diaktifkan ketikan kinerja grafis tidak terlalu dibutuhkan seperti mengetik, mendengarkan lagu. GPU diskrit akan aktif ketika kinerja grafis tinggi dibutuhkan seperti memainkan game. Konfigurasi ini banyak ditemu pada Laptop.

Tanya: Motherboard tanpa logo Crossfire tetapi ada logo SLI nya. Apakah bisa digunakan untuk Crossfire bradar?
Jawab: Tidak, kecuali untuk Chipset Intel dengan model Z77, X79.

Tanya: Apakah memory grafis akan bertambah? contoh saya menggabungkan VGA Card model HD7770 1GB dengan HD7770 2GB, apakah akan menjadi 3GB?
Jawab: Tidak, konfigurasi crossfire tidak akan menambah jumlah Memory Grafis (VRAM), ini dikarenakan VGA satu dan dua berisi data framebuffer yang sama. Selain itu VGA dengan memory yang lebih tinggi akan menurunkan jumlahnya dan menyamakan ukuran memory dari VGA yang lain, jadi VGA dengan VRAM 2GB yang agan sebut tadi akan menurunkan ukuranya menjadi 1GB untuk menyesuaikan ukuran VGA Card yang 1GB.

Tanya: Apakah Crossfire akan meningkatkan kinerja secara keseluruhan?
Jawab: Tidak juga, ada beberapa game membutuhkan Patch untuk dapat memanfaatkan kinerja multi GPU, jadi pastika game anda mendukung konfigurasi Crossfire.

Tanya: Apa perbedaan antara Dual Graphic Dan CrossfireX?
Jawab: Keduanya sama-sama mrupakan konfigurasi Multi GPU, bedanya pada Dual Graphic menggabungkan GPU dari prosesor APU dengan VGA Card (VGA diskrit) yang saling kompatibel. Sedang Crossfire menggabungkan VGA Card dengan VGA Card (diskrit) yang saling kompatibel.

Related Posts:

0 Response to "Cara Mengaktifkan Fitur AMD CrossfireX Dan APU Dual Graphic"

Post a Comment