Mantra Sakti Dukun Teknologi

Perbedaan Virtual Memory Dan Physical Memory



Virtual Memory merupakan bentuk menejemen memory yang disediakan pada OS windows ( dan mungkin juga tersedia pada OS lain ) untuk memaksimalkan sumber daya memory seperti menangani Phisical Memory pada RAM yang sedikit ataupun penuh. Pada Virtual Memory, bentuk pemetaan datanya memuat informasi yang berisi table-table, tiap table berisi informasi Phisical Memory dengan alamat data yang berbeda yang disebut paging file. Ini dikarenakan pada RAM memiliki pemetaan data yang berbeda dengan Virtual Memory. Ketika akan di proses Paging file tersebut akan di konversikan oleh CPU dalam bentuk Phisical Memory lalu dipindah ke RAM untuk diesekusi.

Phisical Memory adalah sebuah konsep tipe data pada RAM. Seperti yang saya sebutkan tadi, bahwa memory virtual memiliki bentuk pengalamatan yang berbeda dengan phisical memory. pada phisical memory pada RAM, data dapat dibaca atau pun tulis secara acak ( RAM: Random Acces Memory / memory akses acak ). Proses Swap seperti ini, Ketika RAM penuh CPU akan mengabil data dari ram untuk ditulis ulang ke virtual memory dalam bentuk paging file yang berisi beberapa table, Virtual memory membutuhkan tabel-table untuk membedakan alamat memory fisik.

Virtual Memory yang merupakan bentuk virtual dari phisical memory ( bisa dibilang blueprint dari phisical memory yang akan diproses ). virtual memory butuh pengolahan kembali agar menjadi alamat fisik yang siap dieksekusi oleh CPU.

Share Artikel

Facebook Twitter Google+