Perbedaan Virtual Memory Dan Physical Memory



Banyak sekali istilah-istilah yang dapat ditemukan pada teknologi komputer, mulai dari sisi grafis game seperti GPU, FPS, dll. Tetapi disini dukuntekno hamya akan membahas mengenai managemen memory pada komputer. Jika anda ingin mempelajari mengenai memory komputer lebih dalam lagi, saya sarankan kepada anda untuk mempelajari tentang hirarki memory, tetapi kali ini saya hanya akan membahas mengenai Virtual Memory dan Physical Memory, Sebenarnya istilah tersebut muncul karena akibat dari keterbatasa ruang memory pada RAM, ini merupakan fitur OS Windows ketika Sistem Operasi mulai kehabisan ruang di RAM. untuk lebih jelasnya yuk kita ulik lebih dalam lagi.

Apa Itu Virtual Memory?
Virtual Memory adalah sebuah fitur untuk merubah data physical yang ada di dalam RAM untuk diubah ke file/data paging, hal ini supaya data dapat disimpan ke HDD atau juga jenis memory lainya. Virtual Memory merupakan bentuk menejemen memory yang disediakan pada OS windows (dan mungkin juga tersedia pada OS lain) untuk memaksimalkan sumber daya memory yang terbatas, seperti menangani jumlah Phisical Memory pada RAM yang mulai penuh. Cara kerjanya, ketika virtual memory diaktifkan pada partisi Drive di komputer, Virtual Memory akan membentuk pemetaan data dengan membuat copian data RAM menjadi data yang berbentuk table-table, tiap table berisi informasi Phisical Memory dengan alamat data yang berbeda2, ini yang disebut paging file. Hal ini dikarenakan RAM memiliki pemetaan data yang berbeda dengan memory HDD atau yang lain.

Ketika sebuah program yang terbuka tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama maka CPU akan merubah data program tersebut yang masih ada di RAM (physical memory) menjadi file pagging lalu dipindah ke HDD, sehingga jumlah memory RAM menjadi longgar kembali. Dan ketika program tersebut berjalan kembali, file paging tersebut akan di konversikan oleh CPU dalam bentuk Phisical Memory lalu dipindah ke RAM untuk dieksekusi.

Apa Itu Physical Memory?
Phisical Memory adalah sebuah konsep tipe data pada RAM. Seperti yang saya sebutkan tadi, bahwa memory virtual memiliki bentuk pengalamatan yang berbeda dengan phisical memory. pada phisical memory yang ada pada RAM, data dapat dibaca atau pun tulis secara acak (RAM: Random Acces Memory / memory akses acak). Proses Swap seperti ini terjadi ketika RAM penuh dan CPU akan mengabil data dari ram untuk ditulis ulang ke virtual memory dalam bentuk paging file yang berisi beberapa table, Virtual memory membutuhkan tabel-table untuk membedakan alamat memory fisik.

Bisa dibilang Virtual Memory merupakan bentuk virtual dari data yang berbentuk phisical memory atau juga bentuk blueprint dari data yang disimpan di phisical memoty. Akibatnya virtual memory butuh pengolahan kembali agar menjadi alamat fisik yang siap dieksekusi oleh CPU.

Related Posts:

0 Response to "Perbedaan Virtual Memory Dan Physical Memory"

Post a Comment