Cara Meningkatkan Performa Grafis GPU Onboard Intel Seri GMA ( Graphic Media Accelerator ) Dukun Tekno

Cara Meningkatkan Performa Grafis GPU Onboard Intel Seri GMA ( Graphic Media Accelerator )


Cara Meningkatkan Performa Grafis GPU Onboard Intel Seri GMA ( Graphic Media Accelerator )

GPU Onboard milik Intel seri GMA merupakan GPU yang diperkenalkan pada 2004, seri gpu ini sedang digantikan oleh seri Intel HD Graphic. Tercatat pada 2007 sekitar 70% pasar desktop komputer menggunakan GPU jenis ini sehingga itu mengapa sampai sekarang masih ditemuai, walaupun jadul anda masih bisa melakukan oprek terhadap GPU Onboard yang satu ini.

Kali ini Dukun Tekno akan share cara meningkatkan performa grafis dan gaming  pada GPU onboard intel untuk seri GMA 950 (mobile Intel® 945) dan 900 GMA (mobile Intel® 915). Trik ini menggunakan aplikasi/program mod driver yang bernama GMABooster, program ini bekerja dengan cara menambah pasokan daya ke GPU GMA sehingga performa GPU dapat di geber hingga 2.4x dari kinerja normal.

GMABooster tersedia untuk OS Windows® 7/8/8.1 dan Mac, OS X. Hasil test yang dilakukan oleh pengembang aplikasi ini menyatakan peningkatan hingga 2.4 x merupakan hasil dar penambahan 2,2 x MTriangles/sec dalam tes Multitexturing dan tambahan 1,8 x FPS dalam Pixel Shader tes (sumber: FutureMark® 3DMark® ' 06). Program ini gratis dan bisa didownload melalui link dibawah.



Pertanyaan Yang Mungkin Sering Diajukan
Pertanyaan: Meningkatkan kinerja hingga2.4x tanpa menyesuaikan tegangan listrik, apa akan merusak hardware? Bagaimana mungkin?
Jawaban: Mari kita pertimbangkan Intel® Graphics Media Accelerator 950 (GMA 950). Walau tidak sepenuhnya mendukung permainan terbaru yang menuntut kinerja tinggi, tetapi masih memungkinkan pengguna untuk menikmati game dari semua genre. GMA 950 tidak juga sepenuhnya mendukung Aero dan QuartzGL yang ada pada interface Windows® 7/8/10 dan Mac® OS X). Ini fitur akselerasi pemutaran video. Namun, jika Anda telah memiliki komputer laptop / netbook / nettop dibangun di atas seri Intel® 945GM / GME / RUPS atau chipset GSE943 / 940GML / GU Express, pernyataan di atas mungkin tidak benar untuk Anda. Semua chipset ini adalah LV (Low Voltage/tegangan rendah) versi apa yang biasanya kita sebut Intel® 945. Dengan demikian, grafis terintegrasi secara default telah di underclocked secara dramatis menjadi 166/133 MHz bukannya 400 MHz (400 MHz merupakan clock "normal" Intel® 945 chipset ). Tapi kebenarannya adalah perangkat bisa menangani hingga 400 MHz dengan mudah, pada tegangan rendah, tanpa kehilangan stabilitas sistem dan dengan dampak tidak ada pada spesifikasi thermal / hidup baterai (dibuktikan dengan pengujian awal). Di sini GMABooster datang! Hal ini memungkinkan pengguna untuk memilih kecepatan clock GMA yang diinginkan.


Pertanyaan: Meningkatkan kinerja game hingga sekitar 25%, sedangkan dalam tes GPU murni (seperti 3DMark® '05 / '06 Pixel Shader atau Texturing tes) Saya melihat peningkatan kinerja yang kurang dari yang diharapkan. Maksudnya, bagaimana mungkin dapat diprediksi dengan kalkulator hingga mendapatkan hasil 2.4x! Kenapa begitu?
Jawaban: Dalam beberapa benchmark, game booster begitu memikat tetapi ini sangat terbatas, contoh oleh CPU (sebagian besar perangkat yang didukung datang dengan Intel® Atom yang biasanya 1/2 dari low-end Celeron M yang berjalan pada clock yang sama) atau dengan kecepatan RAM yang hanya single-channel DDR2 533 bersama dengan CPU dan GMA. Selanjutnya, jika beban CPU tidak 100% selama uji 3D tertentu, ini bukan karena Atom yang tidak kuat, tetapi karena bandwidth yang RAM begitu banyak dimanfaatkan oleh GMA, hingga CPU tidak menerima cukup data untuk proses. Dalam kasus apapun, GMABooster melakukan tugasnya dan setidaknya anda mendapatkan semacam peningkatan kinerja game.


Pertanyaan: Di laptop saya menggunakan utilitas diagnostik GPU-Z yang melaporkan bahwa saya sudah memiliki GMA 950 berjalan pada kecepatan 400 MHz. Apakah saya masih perlu GMABooster?
Jawaban: Nah, GPU-Z mendeteksi GMA 950, tetapi tidak membaca clock sebenarnya. Ini adalah masalah yang diketahui. Harap dicatat bahwa tidak ada perangkat yang dibangun pada Intel® 945GM / GME / RUPS / GSE atau chipset 943 / 940GML / GU Express memiliki GMA 950 yang berjalan pada clock default 400 MHz. Jadi, jawaban adalah: ya, GMABooster masih diperlukan.


Pertanyaan: Di laptop saya menggunakan utilitas diagnostik populer Lavalys® Everest yang memberikan info yang salah dalam memberikan nilai clock GMA. Apakah itu cacat?
Jawaban: Aplikasi Lavalys® Everest tidak benar dalam pembacaan nya. Hal ini tidak dapat menangani GMABooster-hack HW register kontrol clock secara benar. Jadi, Everest akan melaporkan 250 MHz untuk clock 400 MHz, 200 MHz untuk clock 250 MHz, dan 166 MHz untuk clock 200 dan 166 MHz.

Pertanyaan: Haruskah saya menjaga program agar tetap berjalan, atau mungkin saya menutup jendela setelah saya mengatur core clock yang diinginkan? Bagaimana jika saya reboot komputer saya,
Jawaban: Ya, Anda dapat menutup program setelah Anda telah mengatur Clock. Namun, setelah Anda me-restart komputer, Anda perlu mengatur clock lagi. Perilaku seperti itu adalah keterbatasan teknis chipset. Hal ini tidak mungkin untuk membuat pengaturan permanen. Termasuk ketika standby / hibernasi.