Cara Mengukur Kemampuan Kinerja Graphic GPU Pada VGA Card Menggunakan GPUz Dukun Tekno

Cara Mengukur Kemampuan Kinerja Graphic GPU Pada VGA Card Menggunakan GPUz



Tentunya ketika anda ingin membeli sebuah graphic card yang menjadi fokus anda adalah performa, tetapi bagaimana jika anda tidak mengetahui cara mengukur performa graphic card? Dukun Tekno akan membatu cara memahami performa graphic card, sehingga anda dapat menganalisa performa graphic card sendiri yang akan anda beli. Walaupun begitu prosesor juga salah satu penentu dalam kinerja gaming.

GPUz adalah aplikasi yang memberikan informasi seputar spesifikasi dan kemampuan GPU (Graphic Processing Unit) yang tertanam pada VGA Card dalam mengolah grafis. aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat populer, GPUz akan meberikan mulai dari fitur, performa, vendor, dll.

Pixel Filrate
Pixel filrate adalah satuan pixel per detik, merupakan satuan untuk mengukur kemampuan GPU dalam menggambar titik-titik / pixel pada layar, semakin besar jumlah pixel filrate nya maka semakin besar pula resolusi layar yang akan didukung, layar / monitor terdiri dari titik-titik yang berjejer dari kiri kekanan dan dari atas kebawah, ibarat garis X dan Y dalam ilmu sistem kordinat kartesius. Pada PS4 mampu menggambar 24 - 26 Gigapixel per detik, artinya jika anda ingin memliki performa grafis diatas PS4 maka bagian Pixel Filratenya harus diatas 26 Gigapixel.

Texture FIlrate
Adalah Jumlah titik textur pada adegan 3D yang dapat digambar oleh GPU. berbeda dengan Pixel fillrate yang menentukan jumlah pixel pada permukaan 2D dilayar monitor, pada Texture fillrate ini berfungsi untuk menggambar titik dalam bentuk 3D. Umumnya Textur Filrate minimal harus dua kali lebih besar jumlahnya dari Pixel Filrate, semakin banyak nilai pixel filrate nya maka semakin banyak pula konten-konte yang sanggup digambar oleh GPU (konten tersebut misalnya gedung, rumah, orang-orang, dll). Pada GPU PS4 mampu menghasilkan 56 - 60 Gigatexel per detik, artinya jika anda ingin memliki performa grafis diatas PS4 maka bagian Texture Filratenya harus diatas 60 Gigatexel per detik. .

API Support
Ini merupakan bahasa pemrogram grafis yang dipakai pada game, semakin tinggi versi API nya maka akan banyak game yang akan disuport. API (Aplication Programin Interface) adalah program bahasa tingkat menengah untuk memprogram grafis. Jika suatu game menggunakan API DirectX11, sedangkan VGA Card anda hanya mendukung DirectX9, kemungknan besar game tidak dapat dijalankan. Jadi percuma saja jika VGA anda memiliki Pixel dan Textur fillrate yang tinggi tetapi tidak mendukung API terbaru. Jadi pastikan VGA Card anda suport API DirectX terbaru, kebanyakan game saat ini menggunakan API DirectX11, tetapi versi terbaru dari DirectX adalah versi 12.

Daya Listrik
Ada hubungan antara daya dan kinerja VGA Card dalam memproses grafis, umumnya VGA Card jaman dulu sangat boros akan daya listrik dan VGA Card terbaru lebih efesien dalam memanfaatkan daya listrik. Socket PCIe x16 pada papan motherboard mampu mensuply daya hingga sekitar 75 Watt. dengan daya tersebut GPU terbaik saat ini (2015) akan mampu menghasilkan performa graphic sekitar 12Gigapixel dan 26 Gigatexel. Beberapa Graphic Card mungkin datang dengan daya yang berbeda dan kadang butuh power pin tambahan, biasanya 6pin atau 8pin jadi pastikan PSU anda memliki kabel 6pin dan 8pin.