Spesifikasi Minimal Pada Komputer Untuk Memainkan Game Terbaru

Halo, Apa kabar sobat Dukun Tekno? semoga baik semuanya yaa!. Baiklah, kali ini saya akan membahas tentang spesifikasi minimal komputer untuk memainkan game-game baru yang akhir - akhir ini banyak yang bermunculan. Dan mungkin ada kehawatiran bagi gamer yang ingin mencicipi game baru tetapi takut jika komputernya tidak sanggup memainkannya, karena spesifikasi yang mungkin dianggap kurang mumpuni.

Tetapi tenang, disini saya akan memberika sedikit tips mengenai komposisi yang pas! untuk memilah milah bagian mana dari spesifikasi komputer yang wajib di upgrade agar game berjalan lebih lancar. Hal ini supaya anda tidak terlalu mengeluarkan banyak uang. Saya akan mengurutkan bagian yang paling mempengaruhi performa game.

Prosesor
Dari pengalaman dan ulasan para produsen prosesor, Dibanding AMD, Intel selalu unggul mengenai performa bencmark game. Sayangnya sih, hal ini juga diikuti dengan harga prosesornya yang tergolong mahal-mahal, tetapi lucunya prosesor AMD yang seken malah terbilang lebih mahal dari pada prosesor Intel yang seken hhe :v. Dari pengalaman saya kebanyakan game berjalan normal di prosesor 4 otak atau lebih dikenal Quad Core, anda bisa membaca ulasan saya mengenai perbandingan Intel Vs AMD.

Mungkin sebagian game berjalan lancar jika dimainkan di prosesor 2 otak, tetapi sebagian lainya menuntut untuk menggunakan prosesor 4 otak. Jadi alangkah baiknya anda membeli prosesor dengan 4 otak agar bisa memainkan game terbaru. saya akan memberikan contoh prosesor yang cocok untuk memainkan game-game terbaru.

Intel
  • Seri Core 2 Quad, semua intel seri Core 2 Quad datang dengan 4 otak, cocok dijadikan sebagai prosesor gamer.
  • Seri Core 2 Extreme.
  • Seri Xeon
  • Core i3 dengan teknologi HT (Hyper Threading)
  • Dan prosesor intel lainnya dengan 4 inti atau lebih.
AMD
  • Hindari seri Buldozer, cobak baca artikel saya yang satu ini mengenai 'AMD Buldozer itu benar 4 otak atau bukan?'
  • Cari seriprosesor  AMD dengan akhiran x4, contoh: Athon II x4, Phenom II x4
  • AMD APU A8
  • AMD FX Series

VGA Card
Sebenarnya saya ingin menempatkan VGA Card di posisi nomor 1 sebagai bagian yang memberi pengaruh terhadap performa game menggeser Prosesor. Dikarenakan beberapa hal, yaitu Satu, Kita jelas tidak memainkan game terus-terusan, normalnya orang kita akan mengerjakan hal lain seperti mengetik, edit foto, dll. Dua, Mengapgrade prosesor akan meningkatkan performa secara keseluruhan, sedang VGA Card perbedaanya akan sangat terasa jika memainkan game.

Download GPUz

Ada 2 Vendor produsen GPU yaitu AMD dan nVidia, GPU adalah chip utama di VGA Card. Untuk VGA Card AMD, belilah VGA Card minimal memiliki performa sama atau lebih baik dari seri HD 7750 (harga termurah saat artikel ini ditulis adalah 600rb). Gunakan aplikasi GPUz untuk mengukur performa VGA Card, lihat bagian Texture dan Pixel Fillrate nya, semakin besar semakin bagus performanya dan perhatikan API nya, harus suport DX11 keatas.

Info aplikasi GPUz mengenai performa VGA Card HD 7750.
Sedangkan untuk produk nVidia, coba untuk membeli produk dengan spesifikas sama atau diatas model GTX 650. Lihat review performanya lewat GPUz, cari di google dengan menambahkan katakunci GPUz. Contoh GTX 750 GPUz. Dan pastikan suport API DX 11 keatas.

RAM
Baik kita sampai di bagian RAM. mengenai RAM cukup simple. Gunakan konfigurasi Dual Channel (menggunakan 2 ram dalam satu komputer) hal ini akan mempercepat performa game higga 2 kali lipat. Untuk ukuran coba gunakan RAM 4 GB per kepingnya, jadi jika digabung dalam mode dual channel akan menjadi 8GB.

Harddisk
Game keluaran terbaru bisa memakan ruang HDD higga 70GB, saran saya beli HDD dengan ukuran minimal 320GB, supaya ada ruang kosong untuk menginstal game lain.

Kesimpulan
Jika anda masih menggunakan komputer dengan spesifikasi prosesor dual core, ram 2 GB, hdd 80gb sudah tidak layak lagi untuk memainkan game terbaru. Nyatanya saya mencoba memainkan game sekelas Battle Field 4 di spesifikasi komputer tersebut tidak bisa dibuka karena API DX11 tidak didukung oleh VGA Card nya, anda juga bisa membaca artikel saya mengenai Merakit PC Setara PS4.

Berikut Spesifikasi Minimal Yang Dapat Memainkan Game Terbaru Dengan Baik, seperti Battlefield 4, GTA V, Call Of Duty Moder Warfare, Far Cry 4, dll:

1. CPU : Core 2 Quad
2. VGA : AMD HD 7750 2GB
3. RAM : 6 GB (4GB+2GB dalam mode dual channel)
4. HDD : 320GB.

Diatas merupakan komposisi terbaik dari spesifikasi minimal dalam merakit komputer gamer, ingat ulasan ini hanya untuk merakit PC gamer bukan merakit komputer yang powerfull. Kinerja bisa melambat jika komputer terinstal berbagai aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Related Posts:

0 Response to "Spesifikasi Minimal Pada Komputer Untuk Memainkan Game Terbaru"

Post a Comment