Mantra Sakti Dukun Teknologi

Processor AMD Seri Bulldozer 4 Otak Itu Benar Quad Core Atau Dual Core?



Anda mungkin ingin membeli prosesor quad core AMD seri Bulldozer, terutama karena faktor harganya hanya sekitar sepertiga dari sebuah prosesor quad core Intel seri Core TM. Tapi sekarang setelah mendengar isu bahwa seri Bulldozer sebenarnya adalah dual core, tepatnya dua core dari empat Core dikelompokkan/gabung kedalam satu modul untuk mengolah bilangan floatingpoint ( Pecahan ).

Masing-masing inti core memiliki unit khusus untuk perhitungan integer ( bilangan bulat ), tetapi dua core dalam setiap modul unit untuk melakukan perhitungan floatingpoint ( Pecahan ). Ketika memainkan permainan, sejak pertamakali permainan dimulai,  ketika melakukan proses perhitungan flaoting pada program permainan tersebut, quad core Bulldozer hanya bekerja sebagai dual core, karena hanya ada dua unit untuk perhitungan floatingpoint, satu perhitungan flotingpoint untuk setiap modul, sehingga menjadi dua core floatingpoint untuk dua modul.


Beberapa ulasan bahkan mengatakan bahwa AMD menyesatkan konsumen lewat iklan atau kemasan dengan jumlah core mereka, karena seri Bulldozer hanya melakukan seperti consiting prosesor dari setengah core dari yang ditentukan ( misalnya prosesor 8 inti melakukan mirip dengan quad core, dan quad inti melakukan mirip dengan dual core).

Kesimpulan, pada dasarnya Quad core AMD seri Bulldozer mampu mengolah 4 data intenger, tetapi hanya mampu mengolah 2 data floatingpoint, bilangan intenger atau secara umum disebut juga bilangan bulat memiliki proses pengolahan yang lebih sederhana dibanding bilangan floatingpoint atau pecahan, bilangan flotatingpoin membutuhkan mekanisme khusus untuk memprosesnya. Bilangan floating poin banyak di temukan pada data grafis terutama game.