Mantra Sakti Dukun Teknologi

Perbedaan NVidia GeForce, Quadro & Tesla


Perbedaan NVidia GeForce, Quadro & Tesla

GeForce - Ini adalah kartu grafis harga termurah dari tiga jenis yang ada. Kartu grafis GeForce ini dimaksudkan untuk komputer gaming dan bukan untuk aplikasi rendering. Anda bisa mendapatkan kartu GeForce untuk versi yang sangat baru dibanding dengan GPU Quadro dan Tesla, karena lebih banyak peminat game, sehingga NVidia lebih banyak memproduksinya dan dapat digunakan oleh orang biasa.

Quadro - ini adalah kartu grafis yang dipakai untuk komputer workstation / komputer kerja. Lebih tinggi harganya dibanding GeForce, dimaksudkan untuk pelanggan yang memiliki pekerjaan sebgai editor grafis, 3D editor, dan pengguna software-software grafis lainya yang membutuhkan render double polygon ( render dual/double polygon artinya tanpa backface-culling, dimana polygon yang berada jauh akan tertimpa oleh polygon paling dekat termasuk efek pencahayaan ). Sehingga lebih baik dalam uji aplikasi rendering ( bukan uji bencmark game ), lebih banyak memori, dukungan RAM ECC.

Tesla - ini adalah Kartu grafis yang difokuskan untuk HPC ( High Performance Computing ). Untuk perhitungan Analisis seperti reli gen juga biasa ditemui pada superkomputer dan sejenisnya, dan memiliki kekuatan perhitungan floating point yang tinggi. Tidak ada video output seperti dua GPU lainnya . Ini ditujukan untuk komputer yang menggunakan CUDA dan OpenCL.


FAKTA: 2 superkomputer tercepat di dunia ternyata didukung oleh ribuan chip GPU NVidia Tesla. Yaitu Titan di Oak Ridge National Laboratory dan Tianhe-1A, di Tianjin, Cina.

Share Artikel

Facebook Twitter Google+