Perbedaan AMD Radeon & FirePro Dukun Tekno

Perbedaan AMD Radeon & FirePro


Perbedaan AMD Radeon & FirePro
Sering kita dibingungkan oleh istilah-istilah yang dibuat oleh para produsen perangkat keras komputer, salah satunya adalah AMD yang memproduksi Chip Grafis dan Prosesor. Namun walaupun begitu bukan berarti pihak produse sengaja menyesatkan para konsumen melainkan hal ini supaya konsumen dapat mudah untuk memilih sepesifikasi yang tepat dari segi harga, kinerja dan tujuan dibuatnya produk tertentu dari pada menggunakan model penomeran. Misalnya VGA Firepro dan VGA Radeon, keduanya memiliki tujuan yang berbeda dan untuk pekerjaan yang berbeda pula. Keduanya memiliki spesifikasi dan tujuan pembuatan yang berbeda, berikut apa yang disebut sebagai AMD FirePro dan AMD Radeon.

AMD FirePro
AMD FirePro adalah kartu grafis milik AMD dimaksudkan untuk digunakan dalam komputer workstation dan untuk menjalankan aplikasi rendering profesional dimana software-software grafis yang membutuhkan render double polygon ( render dual/double polygon artinya tanpa backface-culling, dimana polygon yang berada jauh akan tertimpa oleh polygon paling dekat termasuk efek pencahayaan ) seperti Computer-aided design ( CAD ), Computer-generated imagery ( CGI ), Digital content creation ( DCC ) aplikasi. GPU chip pada kartu grafis FirePro identik dengan yang digunakan pada kartu grafis Radeon.

AMD Radeon
Radeon merupakan kartu grafis yang difokukan untuk memutar konten multimedia seperti untuk memutar film, game, dan lain. Radeon biasanya datang dengan berbagai fitur seperti TrueForm , HyperMemory, HyperZ, XGP, Eyefinity untuk multi-monitor setup, PowerPlay untuk hemat daya, CrossFire ( untuk multi-GPU ) atau Graphics Hybrid dan memiliki harga yang lebih murah dibanding AMD Firepro. Berbagai SIP (Semiconductor intellectual property core/Semikonduktor inti kekayaan intelektual) juga dapat ditemukan pada model-model tertentu di lini produk Radeon, contohnya seperti: Unified Video Decoder, Video Coding mesin dan TrueAudio untuk memutar berbagai konten multimedia yang formatnya telah dimiliki oleh pihak lain.
AMD tidak mendistribusikan atau membuat kartu VGA Card langsung ke konsumen. Sebaliknya, AMD menjual Chip Radeon GPU untuk produsen pihak ketiga yang merakit dan menjual kartu video berbasis Radeon ke OEM dan saluran ritel. Beberapa produsen kartu Radeon di antaranya juga membuat motherboard contohnya Sapphire, XFX, Asus, Gigabyte, MSI, Biostar, Gainward, Berlian, HIS, PowerColor, Club 3D, Visiontek dan Force3D.

Perbedaan
Kartu grafis FirePro dirancang khusus untuk program-program pembuat/editor konten multimedia ( seperti video editor, Render 3D ) dan mekanik software rekayasa desain ( seperti program CAD ). Sedangkan kartu grafis Radeon difokuskan untuk video games dan aplikasi konsumen lainnya, dimana performa lebih difokuskan ketimbang akurasi detail grafis dengan dunia nyata. Kedua kartu grafis tersebut menggunakan driver yang sama ( Catalyst / Crimson ) dan didasarkan pada arsitektur dan chipset yang sama, perbedaan dasarnya terbatas pada harga dan kinerja double polygon. Kartu FirePro juga mungkin memiliki beberapa fitur khsus yang diaktifkan yang tidak tersedia pada kartu Radeon.

Kualitas AMD FirePro dapat dilihat dari uji kualitas rendering sedangkan kinerja AMD Radeon dapat dilihat dari uji bencmark game. Artinya begini AMD FirePro tidak akan bekerja lebih baik ketimbang Radeon ketika digunakan untuk memainkan software berbasis game, ini karena AMD Firepro lebih difokuskan untuk meningkatkan kualitas grafis dan deteksi tubrukan pada permukaan texture. Sedangkan AMD Radeon dibuat untuk mendapatkan kinerja tercepat ketika memainkan game dan mengabaikan kualitas grafis.