Masalah Kulit Wajah Pada Remaja ABG


Masalah Kulit Wajah Pada Remaja ABG

Merawat kulit haruslah dilakukan sejak masih muda, terutama saat remaja. Pada masa remaja ini, kulit sedang mengalami reaksi dan penyesuaian karena adanya lonjakan hormon dalam tubuh dimana beberapa kelenjar hormon yang sebelumnya tidak aktif mulai bekerja. Karenanya tidak jarang remaja mengalami sejumlah gangguan kulit, seperti jerawat, keringat berlebih, wajah berminyak, hingga munculnya kutil di kulit. Sehingga, haruslah dilakukan penanganan yang tepat. Pada artikel kali ini, saya akan coba membahas tuntas mengenai perawatan wajah yang cocok untuk remaja berdasarkan berbagai masalah kulit remaja.

Menghilangkan Jerawat untuk Remaja
Jerawat adalah masalah yang paling sering muncul pada saat seseorang memasuki usia remaja. Hal ini antara lain adalah karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan hormon yang sedang meningkat. Akibatnya, kulit pun ikut bereaksi dengan hal tersebut, yang pada akhirnya menimbulkan jerawat. Jerawat pada remaja ini biasanya muncul ditandai dengan tonjolan pada sejumlah area kulit, yang disertai dengan infeksi, pori-pori melebar, dan berisi komedo. Jerawat pada remaja biasanya muncul di daerah seperti dahi, hidung, serta pipi.

Faktor penyebab jerawat lebih disebabkan karena kurangnya kemampuan imun tubuh untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, ketika hormon mengalami lonjakan yang tinggi dimasa remaja ini, sistem kekebalan tubuh mulai melemah, alhasil bakteri jerawan dengan mudah membuat koloni di pori-pori dan bersayam didalamnya. sehingga disini kita dituntut untuk memberantas bakteri peyebab jerawat, berikut tipnya:

Gunakan Antibiotik
Untuk membunuh bakteri penyebab jerawat kita bisa menggunakan antibiotik alami, seperti bawang putih atau pembersih muka dengan antibiotik, biasanya bertulis anti acne/ anti bacteria/ anti jerawat. lulurkan hingga mengenai bakterinya. selain itu jagalah kebersihan, seperti membersihkan muka dua kali sehari dengan rutin dan dilakukan dengan benar, membersihkan tempat tidur karena tempat tidur merupakan sarang bakteri setelah seharian beratifitas kita meninggalkan tempat tidur tanpa tau apa saja yang hinggap di tempat tidur.

Cara Mengatasi Kulit Berminyak Pada Remaja
Belum diketahui pasti penyebab kulit berminyak, ada yang bilang bahwa sebelum masuk fase berminyak, kulit mengalami kekeringan yang extreme ada juga yang bilang bahwa bagian kulit terluar kulit telah mengelupas dan menyebabkan kulit menjadi sensitif terhadap suhu panas. Namun beberapa hal yang dapat dilakukan ketika kulit anda berminyak adalah sesering mungkin beraktifitas, aktifitas seperti bermain permainan yang sifatnya menggerakkan tubuh dapat membuat tubuh memproduksi keringat sehingga kulit menjadi lembab, selain itu menjaga pola tidur juga dapat mengurangi jumlah minyak yang dikeluarkan kulit.

Pada dasarnya, minyak di wajah memiliki manfaat, antara lain untuk mencegah kulit mengalami kekeringan. Namun, minyak berlebih juga dapat menyebabkan sejumlah masalah, misalnya kotoran yang mudah melekat, pori-pori kulit membesar, komedo, dan tentunya jerawat. Untuk itu perlu dilakukan penanganan agar masalah minyak di wajah bisa teratasi.

Mengatasi Keringat Berlebih Pada Usia Remaja
Remaja juga rentan mengalami masalah kulit lainnya, yaitu: keringat berlebih. Aktivitas yang cukup padat, perubahan hormon, stres, perubahan pola makan, bisa menimbulkan masalah keringat berlebih pada remaja. Keringat ini biasanya muncul secara berlebihan pada area punggung, dada, lipatan kulit, telapak tangan dan kaki, ketiak, serta lipatan paha. Keringat berlebih ini, bila tidak diikuti dengan menjaga kebersihan tubuh, bisa menimbulkan masalah lain, yaitu bau badan, gatal-gatal, dan sebagainya.

Karena keringat berfungsi untuk mendinginkan tubuh, sebenarnya tidak perlu ditangani secara khusus. Cukup pastikan bahwa kulit dan tubuh cukup bersih, terhindar dari kotoran dan kuman. Jika perlu, gunakan deodoran atau wewangian yang mengandung anti septik agar kuman tidak mudah berkembang biak di kulit.

Daun Sirih untuk Kulit dan Mengatasi Masalah Bau Badan
Untuk menghindari kuman hidup dan berkembang biak di kulit, Kamu bisa menggunakan daun sirih sebagai bahan alami untuk mengusir kuman dari kulit, sekaligus menjaga tubuh dari bau badan. Daun sirih adalah anti septik alami yang mampu membunuh kuman dan bakteri, serta mencegah kuman untk berkembang biak di kulit. Dengan kulit yang bebas kuman, maka tubuh pun terhindar dari bau badan tak sedap, serta gangguan gatal-gatal akibat kuman dan jamur seperti panu dan kutu air.

Untuk melakukanya caranya cukup mudah, dengan merebus 3 – 5 helai daun sirih, dan airnya dicampurkan pada air bilasan saat mandi. Mandi seperti biasa, lalu gunakan air campuran tadi untuk membilas tubuh.

Related Posts:

0 Response to "Masalah Kulit Wajah Pada Remaja ABG"

Post a Comment