Perbedaan VGA nVidia Seri GeForce Model GS, GSO, GT, GTS, GTX, Ultra, Dll Dukun Tekno

Perbedaan VGA nVidia Seri GeForce Model GS, GSO, GT, GTS, GTX, Ultra, Dll

nVidia merupakan perusahaan kartu grafis (Graphic Card/ VGA Card) yang paling terkenal dan telah memasarkan banyak produknya dipasaran, anda juga akan banyak menemukan nama seri-seri seperti Geforce 7800GS, Geforce 7800GT, Geforce 7800GTS. Diantara model-model diatas jika diperhatikan dengan seksama ternyata memiliki penomeran yang sama tetapi memiliki model yang berbeda, taukah anda bahwa setiap kartu VGA dengan kode model GS, GT, GTX memiliki performa yang berbeda? Masalahnya, umunya seseorang tidak terlalu memperdulikan hal itu, apalagi bagi yang tidak terbiasa dengan dunia komputer. Dukun Tekno akan mengulas sedikit mengenai hal itu, setidaknya mengulas ciri-ciri umum.

Sampai saat ini telah ada sekitar 13 desain model yang telah dikeluarkan oleh pihak nVidia untuk VGA jenis GeForce. Penamaan model seri model dengan 4digit akan diakhiri nama GS, GT, GTS, atau GTX, contoh: GeForce 7800 GTS. Sedangkan untuk model dengan penomoran 3digit, seperti nama model GS, GT, GTS, atau GTX akan ditulis terlebih dahulu baru diikuti penomeran, contoh: GeForce GTX 260. Perlu diketahui bahwa seri dengan penomera 3digit adalah produk lebih baru dibanding dengan seri dengan penomeran 4digit kecuali untuk seri GTX 1050 keatas.

Teknik Penamaan
Ada dua varian yang saya ketahui dari jenis GPU Geforce dari nVidia yaitu GPU keluaran terbaru menggunakan penamaan dengan mendahulukan nama model lalu diikuti nomer seri contoh GTX 1080, dan VGA model lama menggunakan penamaan yang didahului oleh nomor baru diikuti oleh nama model, contoh Geforce 9800 GTS.

Penulisan Nama Model
Nama GS, GSO, GT, GTS & GTX merupakan penamaan untuk pangsa pasar hal ini juga akan mempengaruhi kinerja dan konsumsi daya. misal dua kartu dengan nomor yang sama tetapi akhiran yang berbeda maka akan berbeda pula dalam hal kinerja gaming, contohnya: 8800 Ultra lebih cepat dari 8800 GTX dan 8800 GTX lebih cepat dari 8800 GTS dan 8800 GTS lebih cepat dari 8800 GS. Jadi ringkasnya seperti ini GS <GSO <GT <GTS <GTX <GTX <Ultra dalam hal kinerja per konsumsi daya listrik dan umunya seri GTX mendukung fitur multi GPU. Berikut sedikit info mengenai arti singkatan dari penamaan model seri GPU dari nVidia:

Nama Seri
Deskripsi Dan Arti
SE
Suck Edition (sudah tidak diproduksi)
LE
Light Edition, cenderung memiliki clock yang rendah (sudah tidak diproduksi)
GS / GSO
Low Midrange (VGA Card dengan harga murah)
GT
Midrange-High End (VGA Card dengan harga menengah keatas)
GTS
High End (VGA Card dengan harga kelas atas)
GTX / GTX+
Highest End/Flagship (VGA Card harga termahal)
Ultra / Ultra Extreme
Jarang Ditemui tetapi lebih tinggi dari GTX
GX2
VGA Card dengan inti GPU ganda (dual GPU)

Untuk jenis GPU terbaru yang didahului oleh nama model, beberapa diantaranya biasanya akan datang dengan akhiran M, jenis GPU ini ditunjukkan untuk perangkat Laptop. contoh GTX 980M. Ada juga yang berakhiran Ti atau Ti Boost, biasanya GPU dengan akhiran ini memiliki kinerja yang lebih baik ditambah fitur tambahan dibanding tanpa akhiran tersebut .

Penamaan Nomor
Penulisan nomor menandakan generasi GPU tersebut, untuk mengartikan penomeran pada model VGA nVidia, sebelumnya kita telah membahas mengenai penulisan penomeran yang ditulis setelah nama model dan penulisan penomeran sebelum nama model. Pada penulisan penomeran sebelum nama model, contoh 9800GT ini menandakan GPU tersebut adalah seri 9. Dan pada penulisan nomor setelah nama model, contoh GTX980 ini menandakan tersebut adalah GPU seri 900.

Penomeran pada digit pertama merupakan generasi atau seri. contoh GT610, GT620, GT630, GT640 GPU-GPU tersebut merupaka GPU generasi dari seri 600 karena diawali dengan angka 6. Hal serupa juga berlaku untuk 9800 GT, 9800 GS, 9800 GTS yang merupakan GPU generasi dari seri 9. Sedangkan penomeran pada digit ke 2 biasanya yang menentuka patokan kinerja, contoh GT640 akan lebih baik performanya dibanding dengan GT610.