Mantra Sakti Dukun Teknologi

Perbedaan VGA NVidia Seri Model GS, GSO, GT, GTS, GTX, Ultra



NVidia merupakan perusahaan kartu grafis ( Graphic Card/ VGA Card ) yang paling terkenal dan telah memasarkan banyak produknya dipasaran, anda juga akan banyak menemukan nama seri - seri seperti Geforce 7800GS, Geforce 7800GT, Geforce 7800GTX. Diantara model-model diatas memiliki penomeran seri yang sama tetapi memiliki model seri yang berbeda, taukah anda bahwa setiap kartu VGA dengan kode model GS, GT, GTX memiliki performa yang berbeda? Masalahnya, umunya seseorang tidak terlalu memperdulikan hal itu, apalagi bagi yang tidak terbiasa dengan dunia komputer. Dukun Tekno akan mengulas sedikit mengenai hal itu, setidaknya mengulas ciri-ciri umum.

Umumnya Seri-seri pada judul diatas tersebut dapat dijumpai pada kartu grafis arsitktur GeForce. Penamaan model seri model dengan 4digit akan diakhiri nama GS, GT, GTS, atau GTX, contoh: GeForce 7800 GTS. Sedangkan untuk model dengan penomoran 3digit, nama GS, GT, GTS, atau GTX ditulis terlebih dahulu baru diikuti penomeran, contoh: GeForce GTX 260. Perlu diketahui bahwa seri dengan penomera 3digit adalah lebih baru dibanding dengan seri dengan penomeran 4digit.

Nama GS, GSO, GT, GTS & GTX akan mempengaruhi kinerja dan konsumsi daya. misal dua kartu dengan nomor yang sama tetapi akhiran yang berbeda akan berbeda dalam hal kinerja, contohnya: 8800 Ultra lebih cepat dari 8800 GTX dan 8800 GTX lebih cepat dari 8800 GT dan 8800 GT lebih cepat dari 8800 GS. Jadi ringkasnya seperti ini GS <GSO <GT <GTS <GTX <GTX <Ultra dalam hal kinerja dan konsumsi daya listrik dan umunya seri GTX mendukun fitur multi GPU. Anda tidak bisa mengatakan bahwa 8600 GTS lebih cepat dari 8800 GS karena sebenarnya lebih lambat, Anda harus membandingkan 2 kartu dengan nomor yang sama.

Share Artikel

Facebook Twitter Google+