Apa Itu Memory RAM ECC? Penjelasan & Pengertianya Dukun Tekno

Apa Itu Memory RAM ECC? Penjelasan & Pengertianya


RAM ECC

Memory RAM ECC (Error Correcting Code) adalah jenis penyimpanan data RAM pada komputer yang dapat mendeteksi dan memperbaiki kesalahan data yang korup yang disebabkan oleh masalah internal. jenis Memori RAM ECC kebanyakan digunakan pada superkomputer dan workstation komputer dimana data korup tidak dapat ditoleransi dalam keadaan apapun, contohnya pada komputer yang dipakai dalam bidang ilmiah, reli gen atau juga keuangan pada perbankan.
Biasanya, memori ECC mampu mempertahankan data sistem memori supaya kebal terhadap kesalahan bit tunggal, dimana data yang dibaca dari setiap kata selalu sama dengan data yang telah ditulis, bahkan walau salah satu atau lebih bit yang disimpan telah berubah pada blok yang salah. Kebanyakan memori non-ECC tidak dapat mendeteksi kesalahan meskipun beberapa memori non-ECC memiliki dukungan untuk melakukan deteksi kesalahan kode, tapi hal itu tidak termasuk dukungan untuk mengkoreksi kode.

Chip ECC pada RAM ECC dapat menurunkan kinerja RAM sebesar 2 - 3 % untuk beberapa sistem komputer, hal ini akibat dari sistem ECC yang memerlukan cek koreksi memory. Dan karena adanya chip tambahan pada memory RAM ECC, menyebabkan harga memory jenis ini sedikit lebih mahal dibanding dengan memory RAM non-ECC.

Penyebab Terjadi Error Pada Kode RAM
Kesalahan kecil di chip DRAM terjadi sebagai akibat dari hubungan reaksi radiasi latar belakang, terutama neutron dari sinar kosmik sekunder, yang dapat mengubah isi satu atau lebih sel memori sehingga mengganggu sirkuit yang digunakan ketika melakukan baca / tulis. Oleh karena itu, tingkat kesalahan meningkat pesat seiring dengan meningkatnya ketinggian dari permukaan laut.
Misalnya, pada permukaan laut, tingkat fluks neutron naik menjadi 3,5 kali lebih tinggi pada 1,5 km dan 300 kali lebih tinggi pada 10-12 km (ketinggian jelajah pesawat komersial). Sebagai hasilnya, sistem operasi pada diketinggian tertentu memerlukan ketentuan khusus untuk keandalan dan keakurasian data, selain itu resiko kesalahan kode juga akan meningkat jika ukuran sel memory DRAM semakin kecil.

Koreksi Error
Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan modul DRAM yang meliputi bit memori tambahan dan kontroler memori yang mengeksploitasi bit-bit. Bit ekstra yang digunakan untuk merekam peritas atau menggunakan kode error-correcting ( ECC ). Peritas memungkinkan deteksi semua kesalahan single-bit.

Kode kesalahan paling umum mengoreksi kode menggunakan tehnik Single-error correction and double-error detection (SECDE ) yang merupakan bagian dari kode Hamming, dimana dapat memungkinkan satu kesalahan-bit untuk dapat dikoreksi dan (dalam konfigurasi biasa, dengan bit paritas tambahan) kesalahan double-bit untuk terdeteksi. Chip ECC adalah versi yang lebih efektif yang juga mengoreksi kesalahan bit, termasuk ketika hilangnya data pada seluruh chip memory.

Ciri-Ciri Umum RAM ECC
RAM jenis ini memilik Chip tambahan untuk mendeteksi kesalahan kode dan memperbaiki kesalahan kode, berbeda dengan RAM non-ECC yang tidak mampu mengoreksi kesalahan. Hati-hati ketika memasang RAM ECC, tidak semua komputer kompatible dengan jenis RAM ECC walaupun memiliki DDR yang sama, termasuk tipe ECC. Contoh saja komputer yang mendukung RAM ECC Full Buffer belum tentu mendukung RAM ECC Registered.

Untuk membedakan RAM ECC dengan non-ECC, biasanya Jumlah Chip pada RAM ECC tidak akan Habis jika dibagi 2, ini karena ada 1 buah chip yang berfungsi mengkoreksi kesalahan. Berikut adalah singkatan untuk jenis RAM ECC yang biasa di temui pada kemasan:

- 'U' berarti ECC Unregistered RAM ECC, Contoh: PC3-10600U.
- 'E' berarti terintegerasi ECC. Contoh: PC3-10600E.
- 'R' / 'P' berarti ECC Registered. Contoh: PC3-10600R / PC3-10600P.
- 'F' / 'FB' berarti ECC Full Buffer. Contoh: PC3-10600F / PC3-10600FB.