Cara Membuka Gambar Webp Di Windows Dengan Mudah

Format gambar .webp adalah format gambar baru yang diperkenalkan oleh Google, Webp memiliki kompresi lossless dan lossy yang tinggi dan diperuntukan untuk konten gambar di website bagi para publisher supaya konten web lebih cepat di muat.

Google mengklaim bahwa ukuran gambar Webp setidaknya 26% lebih kecil jika dibandingkan dengan gambar PNG. dan 25-34% lebih kecil bila dibandingkan dengan gambar JPG. Transparansi juga didukung olehnya, para Webmaster dan pengembang web dapat menggunakan format gambar WebP untuk membuat gambar yang lebih kecil per bytenya dan membuat web lebih cepat.
Cara Membuka Gambar Webp Di Windows Dengan Webp Photo Viewer

Sekarang, sebagian besar situs web Google hanya menggunakan gambar .webp extension. Untuk saat ini, .webp didukung di Google Chrome, Opera dan di beberapa perangkat lunak lainnya. Sekarang jika Anda mengunduh gambar .webp dari web, Anda tidak dapat membukanya di komputer Windows secara default.

Dalam hal ini, Google menawarkan codec untuk melihat gambar .webp secara langsung di Windows dan platform lainnya dan bisa dibuka langsung di aplikasi Windows Photo Viewer. Berikut adalah panduan untuk melihat gambar .webp di Windows.

Cara Melihat Gambar .Webp Di Windows
1. Unduh dan instal WebpCodecSetup untuk Windows.

2. Setelah terinstal, Anda sekarang dapat membuka gambar .webp di Windows dengan aplikasi Windows Photo Viewer.
Cara Membuka Gambar Webp Di Windows Dengan Webp Photo Viewer

3. Jika format Webp masih saja dibuka oleh Browser Chrome, cobalah klik kanan lalu pilih "Open With", Setelah itu pilih program deafult ke "Windows Photo Viewer".

Instaler Codec WebP for Windows ini nantinya akan mengimplementasikan antarmuka dekoder Windows Imaging Component sehingga memungkinkan Anda membuka file WebP menggunakan Windows Photo Viewer.

Selain itu juga nanti format WebP akan didukung oleh program lain yang menggunakan WIC, seperti Microsoft Office 2010.