Cara Memperbaik Stik PS3 Yang Tidak Terhubung Setelah Kabel USB Di Cabut

Oke gaes, kali ini saya akan membuat sebuah artikel tentang cara memperbaiki Stik PS3 yang putus sambungan dengan PS Komputer / Laptop setelah kabel USB di cabut, dimana stik seharusnya akan terhubung otomatis dengan Bluetooth Laptop yang ditandai dengan keempat lampu Stik (4 lampu berkedip = mode charging) berkedip-kedi menjadi 1 buah lampu yang berkedip tandanya Stik tersebut untuk Player 1.

Cara Memperbaik Stik PS3 Yang Tidak Terhubung Dengan Bluetooth Via SCPToolkit

Error ini untuk Kalian yang menghubungkan Stik PS3 dengan bantuan aplikasi SCPToolkit ya. Hal ini Saya alami ketika saya ingin menghubungkan Stik PS3 dengan laptop untuk pertama kalinya, jadi ini merupakan pengalaman priadi. Berikut Cara Memperbaik Stik PS3 Yang Tidak Terhubung Setelah Kabel USB Di Cabut.

Pastikan Hanya Ada 1 Bluetooth Yang Terpasang Di Laptop
Mungkin kalian akan menggunakan CSR Dongle USB Bluetoot, namun jika Laptop anda sudah memiliki Bluetooth, anda tidak butuh USB Bluetooth dongle lagi. Anda bisa menggunakan Bluetooth bawaan laptop untuk menghubungkan Stik dengan Laptop menggunakan aplikasi SCPToolkit.

Keberadaan 2 Bluetooth di satu laptop membuat driver SCPToolkit menjadi error atau tidak berjalan semestinya, sehingga anda hanya perlu memasang 1 Bluetooth saja. Kecuali jika anda menghibungkan Stik PS3 di perangkat Komputer yang notabene tidak memiliki perangkat Bluetooth.

Bluetooth Pada Stik Mungkin Rusak
Menurut Saya hal ini jarang sekali terjadi, karena komponen-komponent Bluetooth pada stik menempel dengan kuat di mainboard termasuk antenanya. Untuk memastikannya cobalah hubungkan Stik bluetooth dengan Konsol PS3 atau perangkat lain sepeti smartphone.

Antena Bluetooth CSR Kemungkinan Rusak
Bisa jadi penyebabnya adalah USB Bluetooth CSR rusak. perangkat CSR bentuknya kecil dan rapuh, selain itu antena pada CSR biasanya menempel pada kasing. Sehingga jika kasing tersebut mengalami benturan atau tergencet, hal ini bisa menyebabkan kerusakan.

Salah Metode Penginstalan SCPToolkit
Untuk memastikan anda mengikuti tutorial yang benar cara menghubungkan Stik PS3 pada Laptop, silahkan Baca Cara Menghubungkan Stik PS3 Ke Laptop Dengan Benar, yang sudah saya praktekan sendiri.

Itulah beberapa tips yang kemungkinan terjadi pada anda yang sedang ingin memainkan Game PC dengan stik PS3. Jika tips diatas masih belum ampuh, cobalah tulis di komentar mungkin ada beberapa hal yang belum saya tulis diatas. Mumpung punya stik PS3 sama Konsolnya hhe.. jadi bisa dipraktekin.