Cara Mengubah File ISO Menjadi CSO Di Android Dan PC Windows


Cara Mengubah File ISO Menjadi CSO Di Android Dan PC Windows
Pada aplikasi emulator, ada file yang disebut sebagai ROM (Read Only Memory), Rom ini adalah file game nya PSP. Maksud dari kata ROM ada Read Only Memory yang artinya data yang dibaca mengartikan bahwa file tersebut ketika di proses tidak akan mengalami perubahan data, mesin pengolah hanya melakukan proses membaca data saja tanpa menulis ulang data file game.

Dalam kasus ini kita akan membahas PPSSPP sebagai mesin emulator dan file ISO dan CSO sebagai file ROM nya. Ada perbedaan paling mendasar antara file ISO dan CSO, karena jenis format file ini akan mempengaruhi kinerja dan ruang penyimpanan. Keduanya memiliki keunggulan masing, saya akan mengulas sedikit tentang kedua file tersebut.

CSO tergolong berat jika dimainkan diperangkat mobile, tetapi ada keuntunganya yaitu ruang memory pada perangkat akan menjadi lebih longgar dari pada menggunakan file berformat ISO yang umumnya berukuran besar-besar. Selain itu file CSO sangat cocok untuk prosesor dengan jumlah inti 8 core. Sedangkan bagi kalian yang memiliki ruang memory yang banyak, anda bisa mencoba game PSP yang berformat ISO.

Langkah-Langkah Convert ISO Ke CSO / CSO Ke ISO Di Android
1. Bahan
2. Buka aplikasi CISO XP yang di unduh tadi.

3. Anda bisa memilih apakah mau mengubah file dari ISO ke CSO atau CSO ke ISO, dipraktek akan mengubah file CSO ke ISO.

4. Pada Input cari file CSO nya, sedangkan Output adalah tempat menyimpan file hasil uncompress nya (ISO).
Cara Mengubah File ISO Menjadi CSO Di Android Dan PC Windows

5. Lalu Start untuk memulai proses. Pada fitur kompresi ISO ke CSO ada level compresi yang diberikan, semakin tingi level kompresinya maka semakin kecil ukuran file CSO nya.

Langkah-Langkah Convert ISO Ke CSO / CSO Ke ISO Di Windows
1. Bahan
  • PC/Komputer/Laptop Windows XP ke atas ( dalam praktek saya menggunakan win 7 32 bit ).
  • File game PSP berformat ISO.
  • Aplikasi CISO XP unduh di link berikut, pilih salah satu: http://www.iso2cso.com/ 
2. Buka aplikasi CISO XP yang di unduh tadi.

3. Anda bisa memilih apakah convert file dari ISO ke CSO atau CSO ke ISO, dalam praktek saya akan mengubah file ISO ke CSO.

4. Pada Source cari file ISO nya, sedangkan Destination adalah tempat hasil kompresi filenya.
Cara Mengubah File ISO Menjadi CSO Di Android Dan PC Windows

5. Ada level compresi yang diberikan, semakin tingi level kompresinya maka semakin kecil ukuran file CSO nya. Lalu Start untuk memulai proses.

Diatas merupakan tutorial cara mengubah file ISO ke CSO atau sebalikanya di perangkat android dan Komputer Windows, terimakasih telah berkunjung ke situs dukuntekno, jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf, dan bila anda masih belum mengerti cara merubah file iso ke cso saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagian mana yang membingungkan anda, sekian tutorialnya. Semoga berhasil!.