-->

Cara Mengaktifkan Fitur nVidia SLI

SLI (Scalable Link Interface) adalah sebuah teknologi antarmuka multi GPU (Gaphic Proccessing Unit) dari nVidia untuk menggabungkan VGA Card dengan VGA Card yang saling kompatible dengan tujuan agar mendapatkan kinerja grafis yang lebih baik. Mengaktifkan fitur SLI merupakan solusi murah untuk mendapatkan performa gaming dari pada anda membeli VGA Card high end dengan harga bisa sampai 2 kali lipat.

Untuk menghindari kegagalan, coba pahami hal berikut. Ada istilah lain untuk menggabungkan GPU dua atau lebih pada nVidia, sehingga jangan sampai salah mengartikanya. Hybrid SLI untuk menggabungkan GPU onboard dengan VGA Card, Hybrid SLI bukan untuk meningkatkan kinerja melainkan beralih modus, dimana ketika memainkan game GPU pada VGA Card lah yang aktif. istilah lain yaitu Cross SLI untuk menggabungkan VGA Card AMD dengan VGA Card nVidia. Oh ya, ada VGA Card dengan model yang mirip dari nVidia namun tidak saling kompatibel untuk melakukan SLI, yaitu  GPU model GeForce GTX 7800 512MB dan GeForce GTX 7800 256MB, sehingga jika ada komputer dengan 2 VGA Card model GTX 7800 512MB dan 256MB maka tidak akan bisa menggunakan fitur SLI.

Langkah Aktifkan nVidia SLI
1. Bahan
  • OS Windows 7 64bit keatas.
  • Mobo Suport SLI, mobo seperti ini biasanya datang dengan 2 atau lebih slot PCIe x16, dan pastikan ada sertifikat SLI (bukan sertifikat Crossfire).
  • VGA Card/Dedicated GPU dengan seri yang sama dan mendukung SLI.
  • Driver terbaru.
  • Kabel Jembatan SLI.

2. Instal terlebih dahulu driver terbaru, Jika sudah selesai lalu matikan komputer.
3. Pasang kedua VGA Card tadi ke motherboard pada masing-masing slot PCIe x16, lalu setelah itu hubungkan keduanya mengunggunakan kabel SLI, jika menggunakan 3 VGA Card atur kabel SLI seperti gambar dibawah.

4. Hidupkan kembali komputer.
5. Buka Driver melalui desktop dengan cara klik kanan di area desktop kosong > lalu pilih NVidia Game Driver.
6. Buka 3D Setting > Configgur SLI, Surround, PhysX > Enable SLI. Lihat gambar dibawah.

Hal Yang Akan Terjadi Setelah Megaktifkan Fitur nVidia SLI
1. Memory VRAM pada komputer agan tidak akan bertambah, Jika agan menggunakan 2 VGA Card masing-masing memiliki memory 1GB, ketika dipasang menggunakan konfigurasi SLI, jumlah memory VRAM tidak akan bertambah menjadi 2GB, melainkan tetap 1GB. Hal ini karena data pada memory VGA Card satu dan dua berisi data yang sama, jadi percuma walaupun VRAM bertambah menjadi 2GB.

2. Ada kemungkinan untuk menginstal Patch, beberapa game tidak kompatibel dengan modus SLI, jadi kalo ada game yang tidak bisa dimainkan atau error setelah mengaktifkan modus nVidia SLI, coba untuk mencari patch tambahan di internet.