-->

Cara Meningkatkan Kualitas Efek Grafis Game Di Windows Dengan GemFX

Bagi seorang gamer tentunya tidak ada habisnya untuk mengutak atik bagian harware PC terutama yang berkaitan dengan grafis yaitu VGA Card nya, ini karena kualitas grafis dan kelancaran game merupakan faktor bagi seorang gamer untuk terus mengoprek settingan grafis dan hardware dimana ia menginginkan settingan yang optimal antara kinerja dan kualitas grafis. Namun bagaimana jika ada sebuah software yang dapat memberikan efek khusus terhadap grafis game, aplikasi tersebut bernama GemFX. Sedikit pengetahuan mengenai grafis pada windows, pada windows terdapat program yang bernama DirectX, program inilah yang berinteraksi langsung dengan perangkat keras yang menggambar grafis game pada monitor. Program yang menggambar sebuah adegan grafis biasa disebut sebagai program API yang merupakan kepanjangan dari Aplication Programing Interface atau dalam bahasa indonesia artinya Sebuah aplikasi yang memprogram interaksi tampilan dan program API pada Windows dalam kasus ini adalah DirectX. Aplikasi GemFX dapat mengatur settingan grafis pada lapisan DirectX, dengan memanfaatkan cara kerja DirectX.

Anda mungkin tertarik untuk mengubah shader graphic default bawaan game dan ingin menambahkan efek-efek kusus, dengan aplikasi GEMFX anda bisa memodding shader graphic yang anda inginkan pada game kesukaan anda, aplikasi ini akan membuat anda bisa menambahkan efek blur, antialiasing, ClearVision, Motion Blur, Efek Lens Fler, dan masih banyak lagi. GEM singkatan dari Graphics Enhancement Mod adalah mod shader baru ( GEM ) dan injektor baru ( GEMFX ) yang juga dalam pelaksanaanya dapat digabungkan dengan SweetFX shader stack dan terinspirasi oleh SweetFX / Enbseries untuk meningkatkan tampilan grafis game. Jadi ini merupakan injector yang meliputi shader SweetFX tetapi banyak shader-shader baru!.

Dasarnya GemFX hanya bekerja pada Game yang menggunakan API DirectX9 keatas, Cara kerja GemFX ketika aplikasi GemFX diinstal, aplikasi tersebut akan menambahkan atau membuat file baru yaitu dxgi.dll, dxd9.dll, dxcompiler_43.dll. File-file tersebut berisi mengenai pengaturan grafis DirectX, ketika sebuah program yang berjalan pada lapisan DirectX maka GemFX dapat mengatur bentuk grafis yang akan digambar ke monitor secara realtime, maksud dari real time adalah pengaturan dapat dilakukan selama game sedang berjalan. Namun pengaturan tertentu dapat membuat game menjadi tambah berat sehingga dituntut untuk mendapatkan pengaturan yang tepat sehingga dapat geme berjalan normal atau bahkan lebih cepat dengan penambahan kualitas grafis yang lebih baik.

Instalasi
1. Download GEMFX 1.0.9 exe dan menginstalnya di folder dimana anda menginstal game yang ingin anda mod grafisnya.

2. Selain File launcer GEMFX, anda akan menemukan di folder game file lain seperti GEMFX direktory, d3d9.d33, dxgi.dll, GEMFX_configurator dan Readme.
Cara Meningkatkan Kualitas Grafis Game Di Windows Dengan GemFX
GemFX
3. Untuk membuka dan mod grafis, Buka GEMFX_Configurator.exe > buka game dalam Windowed ( Bukan fullscreen ) > makan saat ini anda telah membuka 2 aplikasi yaitu game yang anda mainkan dan GEMFX > buka dan otak atik GEMFX sesuka anda untuk melihat perubahan grafis pada game.

Catatan ini bisa bekerja dengan hampir semua DX9 sedang yang DX10/11 masih beta.

Itulah cara meningkatkan kualitas efek Grafis pada Game di Windows dengan GemFX, terimakasih telah mampir di blog saya ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan jika anda masih belum paham tentang cara menggunakan GemFX, saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagian mana yang membingungkan anda karena tentu saya akan membimbing anda dengan sebaik-baiknya. sekian tips dan trik game dari Dukun Tekno yang dapat saya bagikan dan Semoga berhasil.