-->

Cara Mengetahui Jumlah Backlink Pada Blog

Hal yang menjadi salah satu target dan keinginan blogger adalah jumlah visitor yang terus bertambah dari waktu ke waktu, selain konten yang berkualitas, ada beberapa faktor yang membuat anda memiliki banyak pengunjung, salah satunya yaitu jumlah backlink yang ada pada situs anda. Jika anda melihat ranking situs anda di situs Alexa, maka situs alexa akan menampilkan jumlah backlink di situs anda. Backlink yang baik dan membawa dampak positif adalah backlink yang di buat seseorang dengan sukarela tanpa paksaan dan ia menganggap bahwa artikel anda patut untuk dibagikan kepada khalayak umum. Oleh karenanya buatlah sebuah artikel semenarik mungkin untk dibaca.

Apa itu Backlink? Backlink berasal dari dua kata yaitu 'back' dan 'link', back artinya balik dan link berarti tautan sebuah situs. Jadi backlink bisa dibilang sebuah jalinan antara suatu situs dengan situs lain yang berupa umpan balik melalui alamat url aktif. Contoh: link blog si "puja" terdapat di blog si "puji" dan begitu juga sebaliknya. Ada beberapa keuntungan yang didapat dari backlink, terutama jumlah visitor yang berkunjung ke blog agan menjadi meningkat dari blog-blog lain. Disini Dukun Tekno akan memberi tahu cara melihat jumlah backlink dari situs anda, ada 2 cara yang dukun tekno kasih tau, yaitu dari Google Webmaster dan Ahrefs.

Sumber Backlink, banyak tempat situs web yang dapat dijadikan sebagai sumber untuk meletakkan link aktif, dimana link aktif tadi akan mengarah ke blog anda, anda bisa memasang link di social media namun kebanyakan dianggap backlink yang tidak valid dan akhirnya situs alexa tidak mengakui backlink tersebut. Atau juga memasang di forum atau blog teman pada kolom komentar blog. Jika ingin memasang link aktif di komentar blog anda dapat menggunakan kode HTML contoh: <a href="http://www.dukuntekno.com">Dunian Teknologi</a> yang akan menjadi seperti ini Dunia Teknologi, Walaupun begitu mungkin anda bisa saja meletakkan secara manual tetapi seperti yang saya sebutkan tadi bahwa backlink yang baik adalah backlink yang dibuat oleh orang lain yang dilakukan secara sukarela

Cara Backlink Pada Google Webmaster
1. Pastikan akun anda telah terdaftar di Webmaster.
2. Kunjungi http://www.google.com/webmasters/.
3. Klik 'Tambah Properti' > masukkan situs/blog anda > buka 'lalu lintas penelusuran' > 'tautan situs' > lihat Total tautan, seperti gambar dibawah.

Cara Melihat Backlink Pada Ahrefs
1. Pastikan telah terdaftar ke ahrefs.
2. Buka link ini https://ahrefs.com/index.php
3. Masukkan alamat blog atau situs anda > lalu pilih 'try it for free'. Lalu lihat jumlah backlink seperti gambar dibawah.

Itulah cara mengetahui jumlah backlink pada Blog, terimakasih telah mampir di blog saya ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan jika anda masih belum paham tentang cara mengetahui jumlah backlink pada Blog, saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagian mana yang membingungkan anda karena tentu saya akan membimbing anda dengan sebaik-baiknya. sekian tips blog dari Dukun Tekno yang dapat saya bagikan dan Semoga berhasil.