Cara Menghubungkan Smartphone Android Ke TV Via USB (MHL)

Cara Menghubungkan Smartphone Android Ke TV Via MHL
Tentunya semakin menyenangkan dan seru jika bermain-main dengan smartphone android kesayangan anda pada TV. Mulai dari bermain game, browsing, foto, menonton video semuanya tambah seru. tetapi bagaimana cara menghubungkan antara smartphone Android dengan TV? ada beberapa metode yang bisa digunakan tetapi kali ini saya akan share cara via MHL. berikut Dukun Tekno mengulasnya.

Kabel HDMI (High Definition Multimedia Interface) Dan MHL (Mobile High-definition Link)
Pada metode ini menggunakan adapter MHL, MHL sebenarnya tidak hanya mendukung HDMI tetapi juga AV, DTV, dan masih banyak lagi. tetapi kebanyakan yang di jual di pasaran hanya mendukung spesifikasi HDMI. adapter ini di jual dengan kisaran 50 -150 tergantung jenisnya,
MHL memiliki port HDMI, microUSB male, dan microUSB female. port HDMI digunakan untuk menghubungkan MHL ke TV, port USB male digunakan untuk menghubungkan MHL ke Smartphone, sedangkan port USB female untuk menghubungkan MHL dengan Charger / daya external tambahan karena dalam pengerjaanya/prakteknya membutuhkan daya external. via MHL saya pilih karena lebih mudah mempraktekanya.

Sebelum mengikuti tutorial yang akan saya berikan  lihat dulu smartphone anda mendukung MHL atau tidak, Cari disini tentang perangkat smartphone yang di dukung oleh fitur MHL http://www.mhlconsortium.org/devices.aspx

Langkah-Langkah
Logo MHL Kabel Connector
1. Hubungkan MHL ke TV, Smartphone, dan Charger.

2. Buka pengaturan input pada TV, setting seperti ini, jika gagal coba inputnya di pilih yang lain karena mungkin beda-beda.
Buka pengaturan input pada TV, setting seperti ini, jika gagal coba inputnya di pilih yang lain karena mungkin beda-beda.

3. Selesai.

Itulah cara menghubungkan smartphone Android ke TV via MHL, sebenarnya ada cara lain selain via MHL seperti via Wifi atau yang disebut miracast / mirroring. terimakasih telah mampir di blog saya ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan jika anda masih belum paham tentang cara menghubungkan smartphone Android ke TV via MHL, saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagian mana yang membingungkan anda karena tentu saya akan membimbing anda dengan sebaik-baiknya. sekian tutorial Android dari Dukun Tekno yang dapat saya bagikan dan Semoga berhasil.