-->

Perbedaan Dedicated RAM Dan Shared Graphic Memory

Perbedaan Dedicated RAM Dan Shared Graphic Memory
Gambar diatas merupakan Chip GPU yang dikelilingi oleh chip VRAM Dedicated, Disini kita akan membahas perbedaan antara RAM Dedicated dengan Shared Graphic Memory, hal seperti ini biasanya muncul pada kartu grafis atau chip GPU (Graphic Procesing Unit) dengan konfigurasi tertentu, Setiap chip GPU datang dengan spesifikasi yang berbeda terutama pada bagian video memory. beberapa GPU datang tanpa memory khusus sedangkan lainya dengan memorynya sendiri, perbedaan inilah yang mungkin memunculkan kedua istilah tersebut.

Apa Itu Dedicated RAM?
Dedicated RAM adalah Memory RAM yang tertanam pada perangkat VGA atau Laptop tanpa terhubung melalui Prosesor (Prosesor tidak dapat memakai Memory RAM tersebut). Contohnya saja adalah Graphic Card / VGA Card ketika perangkat VGA Card memiliki memory 2GB maka VGA Card tersebut sama saja memiliki Dedicated RAM sebesar 2GB. Dedicate RAM biasanya memiliki keunggulan dalam hal kinerja operasi, terutama bandwith. Kekuranganya adalah Dedicated RAM umumnya tidak dapat di tambah ruang memorynya.

Apa Itu Shared Graphic Memory?
Shared Graphic Memory adalah sebuah metode berbagi ruang RAM antara CPU dan GPU. Shared Graphic Memory mengacu pada Chip GPU yang di beri ruang RAM oleh system komputer untuk digunakannya sebagai memory graphic framebuffer, Komputer yang menggunakan Shared Graphic Memory akan melakukan partisi memory RAM pada system menjadi 2 partisi, partisi satu digunakan untuk Sistem CPU dan yang satunya dipakai oleh GPU.

Contohnya sebuah komputer memiliki memory RAM sebesar 4GB, maka GPU akan memakai sebagian ruang RAM yang tidak terpakai untuk menyimpan data grafis. Kebanyakan Shared Graphic Memory dapat di atur melalui BIOS atau Jumper. Kerugian dari metode ini mengakibatkan kinerja GPU tidak dapat maksimal karena RAM CPU itu berjalan lebih lambat dari RAM Dedicated. Pada RAM CPU dalam satu clocknya hanya mampu memperbaharui nilai digital sekitar 64bit, sedangkan RAM Dedicated dalam satu clocknya mampu memperbaharui nilai digit antara 64bit hingga 512bit.

Kesimpulan
Gambar diatas di screenshot dari aplikasi Display adapter properties, anda bisa mengakses informasi mengenai informasi Shared System Memory dengan cara klik kanan pada mouse di desktop > pilih Display Settings > Gulir ke bawah dan klik tautan Advanced Display Settings > pilih Display adapter properties.

Pada Dedicated RAM, sebuah Chip grafis datang dengan memorynya sendiri, memory inilah yang disebut Dedicated RAM, Contohnya seperti VGA Card yang memiliki VRAM 2GB atau GPU pada laptop yang memiliki VRAM 1GB. Sedangkan pada Shared Video Memory pada GPU disebut seperti itu karena System berbagi (share) ruang antara CPU dengan GPU, contoh komputer dengan 512 MB RAM diatur dengan RAM grafis 64MB, akan muncul di sistem operasi dan user dengan hanya memiliki 448 MB RAM yang terpasang ( 512 - 64 = 448 ).

Seputar Pertanyaan (Up Date 2017)
Tanya: Bagaimana cara menurunkan jumlah Shared System memory atau menonaktifkanaya?
Jawab: Sobat tidak perlu menurunkan jumlah shared system memory. sistem anda akan melakukan itu secara otomatis, sesuai yang diperlukan.