Mantra Sakti Dukun Teknologi

Tips Cara Perbaiki Monitor Komputer, Laptop Yang Bergaris Dead Pixel


Tips Cara Perbaiki Monitor Komputer, Laptop Yang Bergaris Dead Pixel

Pahami Istilah Dead Pixel

Dead Pixel berarti matinya sirkuit monitor yang menampilkan warna, ukuranya sangat kecil berbentuk titik-titik yang disebut pixel. Penyebabnya bisa disebabkan matinya arus listrik atau komponen sudah mengalami aus hal ini terjadi pada monitor berumur tua. Dead pixel dapat terjadi pada senua perangkat dengan layar monitor, perlu diperhatikan bahwa DeadPixel berbeda dengan VGA artefak.
Tips Cara Perbaiki Monitor Komputer, Laptop Yang Bergaris Dead Pixel

Dead pixel dapat terjadi pada saat post production atau setelah keluar dari produksi yang berarti cacat terjadi pada bawaan pabrik, namun kini Dead pixel bisa terjadi tidak hanya pada saat proses produksi saja melainkan karena pemakaian yang bisa jadi terlalu lama atau benturan yang keras terhadap layar sehingga mengakibatkan garis - garis yang sangat menggangu.

Langkah-Langkah

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki layar bergaris pada laptop, diantaranya yaitu :

1. Reparasi Hardware
memperbaiki dead pixel dan layar bergaris dengan melakukan service di tempat reparasi. namun kita tidak membahas yang ini karena membutuhkan komponen elektronik dan skil tertentu.


2. Menggunakan Software
Untuk alternatif kita dapat memperbaiki layar bergaris pada laptop menggunakan sebuah aplikasi yang bernama PixelRepairer v2.0.0, aplikasi ini dapat mendeteksi adanya dead pixel sekaligus memperbaikinya tanpa perlu membongkar laptop kita sendiri.

Download PixelRepairer V 2.0.0, berikut linknya, 4Shared
  • Download PixelRepairer V 2.0.0, berikut linknya, 4Shared
  • Setelah kamu download, selanjutnya kamu extract di manapun kamu suka. di dalamnya kamu akan menemukan 3 buah file. untuk mengatasi layar dead pixel dan bergaris, kamu jalankan aplikasi PixelRepairer.exe
  • Pilih logo pattern untuk melakukan test.
  • Seperti pada gambar di atas, kamu diharuskan memilih pattern untuk mengetes apakah benar bahwa di layar kamu terdapat dead pixel atau layar bergaris. lalu kamu klik Enable, nanti layar monitor kamu akan berubah sesuai dengan warna atau pola yang kamu pilih. untuk keluar kamu cukup tekan tombol esc pada keyboard.
  • Klik logo repair untuk perbaiki.
  • Kamu tinggal menunggu prosesnya hingga selesai, mudah bukan? memang tidak semua dead pixel atau layar garis - garis bisa di perbaiki dengan cara ini, jika LCD kalian masih belum bisa di perbaiki, maka cara satu - satunya adalah dengan membawanya ke service center  terdekat.

Share Artikel

Facebook Twitter Google+