Cara Menghubungkan Dan Menggunakan Stik IPEGA Di Laptop Komputer PC Windows Dukun Tekno

Cara Menghubungkan Dan Menggunakan Stik IPEGA Di Laptop Komputer PC Windows



Umumnya kita tahu kalo stik IPega itu cuman buat memainkan game diperangkat semartphone macam android dan Iphone, tapi bagaimana kalo ternyata Ipega juga bisa di gunakan untuk memainkan game di komputer windows? Gak nyangka bukan? salah-satu developer di forum XDA telah menemukan cara supaya IPega dapat digunakan di perangakat berbasis OS Windows, seperti Laptop, Komputer, Notebook, dan perangkat windows lainya. Tentusaja hal ini akan membuat komputer Windows seakan-akan menjadi konsole game layaknya PlayStation atau XBox, nah tambah seru bukan komputernya klo buat main game!.

Anda bermain game menggunakan stik kabel? Bermain menggunakan kontroler wirreless seperti IPega tentu lebih seru, dilain sisi anda menggenggam stik tanpa jangkauan yang terbatas seperti ketika menggunakan stik dengan kabel, disisi lain stik akan terasa lebih ringan dan enak untuk di cengkram. Hal yang paling utama adalah anda bisa menggunakan stik IPega diperangkat Windows maupun Smartphone sepeti Android atau IPhone, dan ipega menjadi perangkat Multi-Useable. Stik Ipega akan sangat berguna sekali jika anda memiliki Laptop sekaligus Smartphone. Selain itu, tingkat keberhasilan bermain game juga meningkat karena di pengaruhi oleh stik, semakin lama anda memaikan game di Laptop dan Smartphone menggunakan stik IPega, semakin lincah pula jari-jemari anda memainkan stik tersebut, ini akan berbeda jika anda memaikan game di laptop menggunakan Stik PS3 dan di smartphone menggunakan Stik IPega.

Ipega merupakan kontroller murah bila dibandingkan dengan kontroller PS atau XBOX original, dan lebih fungsional karena Ipega juga bekerja dengan baik pada Smartphone Android, Windows Phone, BB10 dan IOS. IPega bekerja sangat baik pada emulator NES/SNES di Komputer Windows. Masalahnya stik IPega terkadang tidak bisa bekerja secara normal pada PC.

Langkah-Langkah
1. Hidupkan Bluetooth di PC/Laptop yang memiliki bluetooth.
2. Pada komputer, Klik kanan Tray Ikon Bluetooth yang berjejer di bawah kanan monitor, lalu pilih Add a Device.
3. Maka bluetooth pada PC akan melakukan searching, pada stik ipega tekan tombol X dan HOME untuk menghidupkan bluetooth dalam mode searching.
4. Setelah BT (blutooth) pada PC berhasil mendeteksi BT ipega (biasanya terdeteksi sebagai Bluetooth Gamepad), Klik kanan Property.
Setelah BT (blutooth) pada PC berhasil mendeteksi BT ipega (biasanya terdeteksi sebagai Bluetooth Gamepad), Klik kanan Property

5. Centang / Chekbox Driver for Keyboard, Mice, Ect (HID).
Driver for Keyboard, Mice, Ect (HID)

6. Windows akan melakukan instalasi driver, namun anda harus melakukan kalibrasi tombol untuk memastikan semuanya berjalan dengan benar.

Troubleshot
  • Terkadang anda harus mengulangi langkah-langkah diatas tiap kali mengkoneksikan ipga ke PC karena batre ipega yg habis.
  • Tombol Up dan Down terkadang kurang respon, entah karena bluetooth, driver atau kompatibilitas  yang saya sendiri tidak tahu.
  • Pada Windows 7 anda hanya bisa melakukan kalibrasi sekali saja.
  • Berjalan mulus pada semua game, tetapi butuh pengaturan customize control.