Mantra Sakti Dukun Teknologi

Cara Merubah Disk MBR Ke GBT Pada Windows 7, 8, 8.1, 10



GPT ( Guid Partition Table ) diperkenalakan pada modul UEFI ( teknologi terdahulu adalah BIOS ). dibanding MBR, GPT memiliki banyak keunggulan seperti partisi lebih dari 2TB, Jadi untuk setiap hard drive lebih dari 2TB, diperlukan untuk menggunakan partisi GPT. Jika memiliki disk yang lebih besar dari ukuran 2TB dan masih memakai partisi MBR, sisa ruang disk tidak akan digunakan kecuali jika Anda mengubahnya menjadi GPT.

Salah satu masalah utama yang dihadapi saat mengkonversi MBR ke GPT adalah bahwa Microsoft tidak menawarkan solusi sederhana untuk masalah ini. Untungnya ada beberapa solusi yang akan membantu Anda dalam mengkonversi MBR ke GPT, tanpa kehilangan data. Tapi sebelum Anda memulai dalam hal apapun, alangkah baiknya untuk membuat cadangan data Anda terlebih dahulu ke tempat yang aman.

Langkah-Langkah

Mengkonversi MBR ke GPT menggunakan Diskpart, Jika tidak ingin kehilangan data metode ini mengharuskan anda untuk membackup semua data Anda dan menghapus semua partisi dan volume. Kemudian gunakan perintah DISKPART.

1. Buka command prompt dan ketik DISKPART dan tekan Enter
2. Lalu ketik list disk ( akan menghasilkan daftar disk yang terpasang ), Enter.
3. Lalu ketik pilih nomor disk yang akan diubah partisinya, Enter.
4. Ketik delete partition, Enter.
4. Terakhir ketik convert gpt.