Cara Hard Reset BIOS PC Komputer Dukun Tekno

Cara Hard Reset BIOS PC Komputer


BIOS memiliki kepanjangan Basic Input Output System adalah antarmuka tingkat rendah untuk melakukan kofigurasi pengaturan system pada lapisan paling bawah. Contohnya mengaktifkan atau menonaktifkan fitur-fitur tertentu, contoh lain untuk menginstal Operating System, tanggal, dll. Jika suatu fitur dinonaktifkan melalui BIOS maka pada lapisan OS tidak akan mampu memanfaatkan fitur yang dinon aktifkan tadi.

BIOS sudah dipakai sejak 1981 dan penggunaanya sudah mulai digantikan oleh EFI (Extended Firmware Interface). Dikarenakan fitur dan kemampuan EFI lebih baik, para vendor perangkat keras sepakat untuk menggantikan BIOS dengan EFI. Tetapi bagi anda yang masih memiliki motherboard atau laptop yang menggunakan BIOS, Dukuntekno akan memberikan sedikit tutorial mengenai cara mereset BIOS.

Mereset BIOS dapat memperbaiki komputer PC Laptop yang mengalami error akibat setting / pengaturan bios yang salah, atau juga bisa digunakan untuk menghapus password ketika anda lupa kata kunci passwordnya. Berikut beberapa metode yang saya bagi, anda bisa menggunkan salahsatu atau semuanya.

Langkah Melakukan Reset BIOS Secara Manual
1. Pastikan Komputer Tidak terhubung dengan listrik, caranya cukup sederhana cabut kabel yang terhubung antara colokan listrik rumah dengan colokan Power Supply di  CPU.

2. Setelah anda cabut kabelnya, tekan terus sampai sekitar 10 detik untuk membuang arus listrik yang mungkin masih ada pada komponen CPU. Lalu bongkar CPU komputer anda dan coba kita perhatikan pada bagian Motherboard.

3. Cari tombol atau jumper yang bertuliskan CLR CMOS / CCMOS Untuk jumper ini ada yang terdiri dari 3 pin dan 2pin. Untuk meng-clear CMOS atau mereset BIOS. tekan tombol reset tersebut.
pin merah clear cmos bertulis CCMOS
Untuk yang tipe jumper 3pin, cari 3 pin jumper dengan tulisan CCMOS/CLR CMOS/CLEAR CMOS. pindah pin penghubung kawat ke sisi lainya ( lihat gambar), tujuanya untuk menghapus data settingan BIOS, tunggu hingga 10 detik sambil memencet tombol power komputer. setelah itu kembalikan pin jumper ke posisi semula. Setelah itu kembalikan lagi posisi jumpernya ke posisi semula.

4. Cara lain yang lebih mudah adalah mencabut baterai BIOS, memory pada BIOS membutuhkan listrik untuk mempertahankan datanya, dengan mencabut baterai BIOS maka setingan bios otomatis akan kembali default. lakukan hal ini sambil menekan tombol power hingga beberapa detik, setelah itu pasang kembali baterainya.

5. Coba pasang kembali semuanya, mulai memasang kembali kasing CPU dan mencolokkan kabel.

6. HIdupkkan komputer, jika berhasil maka anda akan disuruh untuk melakukan konfigurasi tanggal, jika tidak anda perlu mencapus semua komponen yang menempel di Motherboard seperti RAM, Procesor, Harddisk, Power Suply Unit, dll. lalu memasangkanya lagi dan menghidupkan komputer kembali.

Itulah cara hard reset BIOS PC Komputer, terimakasih telah mampir di blog saya ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan jika anda masih belum paham tentang Cara melakukan hard reset BIOS komputer, saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagian mana yang membingungkan anda karena tentu saya akan membimbing anda dengan sebaik-baiknya. sekian tips blog dari Dukun Tekno yang dapat saya bagikan dan Semoga berhasil.