Mantra Sakti Dukun Teknologi

Penyebab Dan Cara Mengatasi Disk Usage 100% Full Proses Pada Komputer Laptop Windows



Disk Full adalah suatu kondisi pada partisi memory ataupun HDD yang mengalami proses baca dan tulis yang penuh atau sibuk. Hal ini akan mempengaruhi performa komputer, terutama bagian yang berhubungan dengan loading program, konten, membuka file, dll. Disini Dukun Tekno akan memberikan informasi mengenai hal-hal yang menjadi faktor utama Hardisk menjadi super sibuk, saya urutkan dari hal yg paling berpengaruh.

Kurang Daya Dari PSU ( Power Suply Unit )
Sumber daya dari PSU yang kurang dapat membuat HDD tidak bekerja secara maksimal, naikkan daya tegangan rumah dan upgrade PSU dapat menjadi solusi untuk masalah ini. Dan jika anda menggunakan Laptop anda bisa menghubungkan laptop dengan listrik melalui charger untuk menambah pasokan listrik ke laptop.

Copy / Paste
Copy Paste meruakan proses yang paling menguras performa HDD, tidak ada jeda yang diberikan untuk melakukan proses yang lain. pastikan apakah ada proses copy paste yang masih berjalan, yang pada akhirnya memberi beban kepada Hardisk untuk menjalankan proses yang lain.

Extrack File Archive
Meng Extrack file archive seperti Rar, Zip, 7z, Gzip, dll akan memberi beban sama seperti dengan copy paste, tetapi biasanya proses extract ( decompile ) biasany akan memberi jeda sehingga masih dapat melakukan baca tulis untuk membuka program dll.

Loading Program
Ketika anda membuka sebuah aplikasi besar aplikasi tersebut tidaklah langsung terbuka, dia akan melakukan loading konten, dll. proses ini akan memakan waktu yang panjang,

Virus 
Virus yang sudah mengrogoti proses HDD jumlah virusnya telah membengka, dan biasanya terdiri dari berbagai jenis virus. Instal antiviru dan adwarecleaner untuk membersihkan virus. jika gagal melakukan instalasi, sebaiknya instal ulang OS dari sumber terpercaya.

Harddisk Sudah Lemah
Perhatikan umur Hardisk anda, HDD mengandalkan sebuah motor dinamo untuk menggerakkan plat piring. kekuatan magnet pada motor akan berkurang seiring waktu. Suhu yang panas juga mempengaruhi umur magnet pada Hardisk.

Share Artikel

Facebook Twitter Google+