Kenali Chipset PowerVR Mali Adreno Tegra Pada Perangkat Mobile


Semenjak kemunculan Sistem Operas Android di pasar smartphone dan kesuksesan android yang mampu bersaing dengan pasar komputer, banyak para pengembang hardware mengalihakan produk hardwarenya supaya dapat di tanam pada produk smartphone, maka dari itu munculah varian hardware SoC yang berbeda-beda pada smartphone. Nah, untuk menjelaskan latar belakang dari varian hardware SoC tersebut saya telah merangkumnya supaya anda lebih mengenalinya.

PowerVR
PowerVR adalah divisi dari Imagination Technologies ( sebelumnya VIDEOLOGIC ) yang mengembangkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk melakukan rendering 2D atau 3D, lalu juga untuk video encoding, decoding, dan semua yang terkait dengan pengolahan gambar seperti DirectX, OpenGL ES, OpenVG, dan OpenCL.

Lini produk PowerVR awalnya diperkenalkan untuk dapat bersaing di pasar PC desktop berupa hardware akselerator 3D dengan produk dengan lebih baik pada lini harga / kinerja dari produk yang sudah ada seperti produk dari 3dfx Interaktif. Perubahan yang cepat di pasar itu, terutama dengan pengenalan OpenGL dan Direct3D, menyebabkan konsolidasi cepat. PowerVR memperkenalkan versi baru dengan elektronik berdaya rendah yang ditujukan untuk PC laptop. Seiring waktu, ini berkembang menjadi serangkaian desain yang dapat dimasukkan ke dalam sistem-on-a-chip ( SOC ) arsitektur yang cocok untuk digunakan pada perangkat genggam seperti smartphone.

Hardware akselerator PowerVR tidak diproduksi oleh PowerVR, melainkan mereka membuat disain sirkuit terpadu yang paten miliknya telah dilisensikan ke perusahaan yang mencetak chip, contohnya seperti Texas Instruments, Intel, NEC, BlackBerr , Renesas, Samsung, STMicroelectronics, Freescale, Apel, NXP Semiconductors (sebelumnya Philips Semikonduktor), dan banyak lagi.

Mali
Seri Mali dari graphics processing unit (GPU) adalah semikonduktor kekayaan intelektual yang dimiliki oleh ARM Holdings untuk perizinan di berbagai desain ASIC oleh mitra ARM. Seperti IP ( Intellectual Property ) dan core tertanam lainnya untuk dukungan rendering 3D, Mali GPU tidak memiliki layar kontroler yang terhubung ke monitor ( seperti kombinasi hardware akselerator yang sering ditemukan pada kartu video ). Sebaliknya inti ARM Mali mrupakan mesin rendering 3D murni yang membuat grafis ke dalam memori dan gambar akan ditangan oleh core lain yang akan mengirim sinyal gambar ke layar. ARM memasok alat untuk membantu dalam authoring OpenGL ES shader bernama Mali GPU Shader Development Studio dan Mali GPU User Interface Mechine. Tampilan pengendali seperti kontroler ARM tampilan HDLCD tersedia secara terpisah.

Adreno
Seri Adreno merupakan graphics processing unit ( GPU ) adalah semikonduktor kekayaan intelektual yang dimiliki oleh perusahaan Qualcomm dan digunakan dalam berbagai chipset SoC ( System On a Chip ) milik mereka. awalnya dikembangkan di bawah Imageon dengan nama produk ATI Technologies, yang pada akhirnya diakuisisi oleh perusahaan AMD pada tahun 2006. Setelah pembelian pada bulan Januari 2009, perusahaan Qualcomm mengganti nama produk Imageon menjadi Adreno. Perusahaan ini menawarkan GPU dalam berbagai model sebagai bagian komponen dari SoC Snapdragon.

Tegra
Tegra adalah system on a chip (SoC) dikembangkan oleh Nvidia untuk perangkat mobile seperti smartphone, asisten pribadi digital, dan perangkat internet mobile. Tegra mengintegrasikan arsitektur central processing unit (CPU) ARM, pengolahan grafis Unit (GPU), northbridge, southbridge dan memory controller ke satu paket. Awalnya SoC Tegra dirancang untuk tujuan prosesor multimedia dengan daya yang efisien, namun model yang lebih baru menekankan kinerja gaming tanpa mengorbankan efisiensi daya.

Related Posts:

0 Response to "Kenali Chipset PowerVR Mali Adreno Tegra Pada Perangkat Mobile"

Post a Comment