Cara Repair Windows 7


Repair adalah fungsi pada sistem operasi termasuk Windows untuk memperbaiki bagian-bagian data rusak yang menyimpan data sistem. Windows repair akan aktif ketika mendeteksi bagian sistem yang terhapus atau juga karena rusak atau corrupt yang diakibatkan oleh infeksi virus, karena file sistem tidak mungkin dapat dihapus melalui windows uninstaller. Kali ini Dukun Tekno akan membahas cara memperbaiki komputer laptop bersistem operasi windows dengan cara me repair tanpa perlu instal ulang. Namun sebelumnya supaya anda dapat terhindar dari kerusakan windows saya akan menjelaskan beberapa hal terlebih dahulu.

Langkah Repairing Melalui SFC
Disini saya akan menggunakan fasilitas System File Check (SFC), SFC adalah fasilitas untuk memeriksa dan mengganti file yang hilang atau korup di Windows dengan file sistem yang baik.
1. Buka command promp (CMD) denga run as admin.
2. ketikkan sfc/scannow lalu enter.

Langkah Repairing Melalui DISM
Pada langkah-langkah ini saya akan menggunakan fasilitas DISM (Deployment Image Servicing and Management Tool), DISM lebih baik dibanding SFC tetapi dalam penggunaanya lebih baik menggunakan fasilitas SFC sebelum menggunakan fasilitas DISM, DISM mampu mendeteksi kerusakan sistem yang tidak dapat dideteksi oleh SFC jadi jikapun anda masih mendeteksi error repair windows setelah menggunakan SFC ada baiknya ada menggunakan DISM.
1. Buka command promp (CMD) denga run as admin.
2. Masukkan perintah berikut:

  • Dism/Online/Cleanup-Image/CheckHealth Untuk hanya memeriksa kerusakan yg terjadi.
  • Dism/Online/Cleanup-Image/ScanHealth Untuk memperbaiki segala kerusakan yang terdeteksi.


Langkah Repairing Windows Melalui Boot Instalasi
Dan jika masih tidak dapat memperbaiki kerusakan dengan langkah diatas atau anda tidak dapat melakukan booting secara normal ke OS Windows anda bisa menggunakan salah satu trik saya ini, Trik ini melalui startup windows. Startup repair pada windows merupakan tool untuk memperbaiki file sistem yang hilang ataupun corupt, tool ini membutuhkan CD atau Flashdisk instalasi Windows.
1. Colokkan Flashdisk instalasi Windows, jika menggunakan CD/DVD masukkan cd instalasinya ke CD ROM.
2. Boot CD/DVD/Flashdisk instalasi Windows melalui BIOS. ( anda bisa cari di youtube cara boot dari biosnya ).
3. Tekan sembarang tombol ketika muncul pesan 'press any key to boot from cd or dvd'.
4. Atur tanggal dan bahasa.
5. Pilih 'Repair Your Computer' > 'System Recovery Tool' > 'Use Recovery Tool' > lalu pilih 'Next'.

6. Lalu pilih 'Startup Repair' ( lihat gambar diatas ), tunggu prosesnya hingga selesai.
7. Setelah selesai WIndows akan restart dan setelah itu siap digunakan kembali.

Nah, itulah penjelasan sekaligus cara melakukan repair di Sistem Operasi Windows 7, terimakasih telah mampir di blog saya ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan jika anda masih belum paham tentang cara melakukan repairing windows, saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagian mana yang membingungkan anda karena tentu saya akan membimbing anda dengan sebaik-baiknya. sekian tutorial windows dari Dukun Tekno yang dapat saya bagikan dan Semoga berhasil.

Related Posts:

0 Response to "Cara Repair Windows 7"

Post a Comment