Mantra Sakti Dukun Teknologi

Cara Meningkatkan Performa PC Desktop Komputer Laptop Windows 7, 8, 8.1, 10 Lemot


Cara Meningkatkan Performa PC Desktop Komputer Laptop Windows 7, 8, 8.1, 10 Yang Lemot

Berikut hal-hal yang menjadi faktor dan penyebab komputer anda menjadi lemot:

Dari OS Windows

Memiliki Sedikit Atau Tanpa Virtual Memory
Virtual Memory berbeda dengan Video Memory, Virtual memory merupakan sebuah space/ ruang kosong pada HDD/Harddisk yang digunakan oleh windows ketika windows kehabisan ruang RAM. Sehingga akan terhindar dari pesan 'Memory Habis'. Untuk Menambah Virtual Memory ikuti langkah-langkah berikut.


Buka Explorer > My Computer > Property > Advance System Setting > Advenced > Buka Tab Advanced lagi > Pada pilihan Virtual Memory Pilih Change > Custom > Lalu Atur Ruangnya Mulai 1000MB sampai Terserah.

Ruang Kosong Drive C Tersisa Kurang Dari 2GB
Drive C merupakan drive sistem, tempat dimana OS anda terinstal. Pada drive tersebut sistem operasi melakukan banyak hal, seperti menympan temporari file, swap file, menyimpan pengaturan, chace aplikasi & Game. Bahkan mungkin kebutuhan ruang kosong pada Drive C bisa lebih dari 2GB, Gunakan aplikasi pembesih memory seperti CCleaner untuk membebaskan banyak memory.

Aplikasi Sistem Yang Terinsatal
Ada beberapa aplikasi sistem setidaknya harus terinstal agar dapat menjalankan berbagai platform aplikasi yaitu VC++ ( Visual C plus plus ), DirectX9 dan .Net Framework ( Dot Net ). Jika anda menggunakan OS 64 bit anda cukup menginstal VC++ versi:

- 2005 64bit ( tak perlu 32bit/x86 )
- 2008 64bit ( tak perlu 32bit/x86 )
- 2010 x86 & 64bit
- 2012 64bit ( tak perlu 32bit/x86 )
- 2013 64bit ( tak perlu 32bit/x86 )
- 2015 64bit ( tak perlu 32bit/x86 )

Aplikasi Pihak Ke3 Yang Berjalan Dilatar Belakang
Perhatikan aplikasi apa saja yang terinstal pada Windows, Aplikasi seperti Antivirus kerap kali menggunakan banyak resource komputasi untuk menjalankan tugasnya, pilihlah satu saja antivirus yang effektif untuk membasmi virus. beberapa aplikasi monitoring aktivitas PC juga dapat membuat komputer anda menjadi lemot.

Anda Menggunakan Aplikasi Versi Lama
Versi aplikasi merupaka daftar pembaharuan perangkat lunak, biasanya versi terbaru datang dengan program yang lebih efesien dan sekecil mungkin untuk memanfaatkan kemampuan komputasi komputer, mungkin terkecuali untuk versi beta. Contoh Flash Player ( pemutar video pada browser ), Flash Player v21 akan lebih baik performanya dibanding v17. sehingga anda dapat meningkatkan performa komputer anda dari meng update versi aplikasi yang terinstal.

Multitasking
Multitaskin adalah tugas yang berjan bersamaan, lihat apa saja aplikasi yang sedang berjalan, seperti kopy paste berbagai file secara bersamaan. hal ini akan mempengarhi kinerja PC. Anda bisa mematikan daftar tugas yang dikerjakan oleh Windows pada sistem service dan start up program.

Dari Perangkat Komputer

Masalah Daya Listrik
Komputer ataupun Laptop akan beralan lebih lancar ketika sumber daya dan arus listrik terpenuhi. Jika anda pernah menggunakan Laptop, performa laptop akan meningkat ketika di charging. gunakan komponen daya rendah dan dibarengi dengan performa handal agar dapat terhindar dari masalah kurangnya suplai daya listrik.

Gunakan RAM Dual Channel
Menggunakan RAM dual channel akan meningkatkan bandwith memory ketika komputer menjalankan game. Bandwith RAM yang meningkat akan meningkatkan arus data framebuffer, sehingga dapat mengurangi efek bottleneck.

Gunakan 2 Harddisk ( Bukan 2 Partisis )
Ketika game berjalan biasannya selama permainan game melakukan loading konten, hal ini dapat menyebabkan lag jika proses loading konten belum selesai. menggunakan 2 buah HDD dimana HDD 1 digunakan untuk OS dan satunya untuk menginstal Game dapat meningkatkan kinerja game.

Share Artikel

Facebook Twitter Google+