Cara Membuat Kode QR Untuk Enkripsi Kata Atau Kalimat Dukun Tekno

Cara Membuat Kode QR Untuk Enkripsi Kata Atau Kalimat


Ngomong-ngomong soal kode, apa yang ada pada benak anda ketika mendengar kode QR? apakah kode OR itu sebuah kode yang terdiri dari kata-kata aneh yang tak beraturan seperti kode pemrograman mungkin, atau juga mungkin anda membayangkan bentuk atau pola aneh dalam pikiran anda seperti sandi rumput ketika semasa pramuka atau yang lainnya. Didunia dengan teknologi digital saat ini sudah banyak teknologi yang bermunculan terutama perkembangan kode, disini kita akan mengulas sedikit mengenai kode QR.

QR code ( Quick Response Code ) adalah merek dagang untuk jenis matriks barcode ( atau barcode dua dimensi ) pertama kali dirancang untuk industri otomotif di Jepang. Teknologi barcode adalah label optik yang dapat dibaca dengan kamera dan biasan kode tersebut berisi informasi tentang item yang terpasang. Sebuah kode QR menggunakan empat mode pengkodean standar (numerik, alfanumerik, byte / biner, dan kanji ) dibuat supaya secara efisien menyimpan data. Saat ini penggunaan kode QR dapat ditemukan pada barang yang dijual pada toko, situs, iklan, pin BBM, dll. Untuk membaca kodenya menggunakan aplikasi QR Scanner/generator ( aplikasinya bisa dicari di toko aplikasi seperti playstore ) melalui perangkat berkamera, anda juga dapat menggunakan kode QR untuk menyembunyikan sebuah kata atau kalimat, unik sekali bukan?.

Kode QR adalah salah satu kode scanner mirip seperti kode yang dipakai untuk menandai produk di supermarket atau minimarket, biasanya kalo anda membeli suatu produk di minimarket misal saja contohnya sabun, pasti dibalik kemasan sabun ada pola garis-garis yang berjejer dengan ketebalan yang berbeda-beda terus dibawahnya ada nomer urut tertentu. Seperti itulah kode QR kurang lebih, Dengan menscan kode tersebut maka secara otomatis komputer akan mengetahui jenis produknya dan menampilkan harga barang, ini akan memangkas waktu karena pelayan tidak perlu mencari nama produk dalam daftar, komputer yang akan mencarikanya.

Langkah Membuat Kode QR
1. Kunjungi Situs http://qrcode.kaywa.com

2. Setelah masuk ke situs tersebut anda akan dibawa ke halaman untuk mengubah kata2 menjadi kode QR > Lalu Pilih Static, seperti gambar diatas.
3. Masukkan kata-kata yang ingin anda enkripsi ke kode QR pada kolom > lalu klik Generate.

Itulah cara membuat kode QR untuk meng enkripsi kata atau kalimat anda, terimakasih telah mampir di blog saya ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan praktekna sebenarnya sangat mudah namun jika anda masih belum paham tentang cara membuat kode QR, saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagian mana yang membingungkan anda karena tentu saya akan membimbing anda dengan sebaik-baiknya. sekian tips dan trik dari Dukun Tekno yang dapat saya bagikan dan Semoga berhasil.