Perbedaan Dolby Atmos Dan Dolby Digital Dukun Tekno

Perbedaan Dolby Atmos Dan Dolby Digital

Sebagian besar orang mungkin tidak tahu tentang teknologi suara antara teknologi sound Dolby Digital dan Dolby Atmos, dimana kedua teknologi tersebut secara luas digunakan pada Bioskop, Rumah bioskop, Channel HDTV/TV Digital, Konsole video game (seperti PS3, XBOX, dll), Smartphone dan perangkat lain. Dolby Atmos maupun Dolby Digital sama-sama dikembangkan oleh perusahaan Dolby Laboratories untuk tujan dan pangsa pasar yang berbeda, sedikit catatan bahwa sebagian besar bioskop di India masih menggunakan sistem suara dari DTS, dimana DTS datang lebih dulu bila dibandingkan dengan Dolby Atmos dan Dolby Digital. Sementara saya sedang mencoba untuk mengumpulkan berbagai informasi seputar teknologi Dolby sound system, dan ternyata masih sedikit konten artikel yang menjelaskan tentang Dolby. Akhirnya, saya menyimpulkan untuk menonjolkan sisi perbedaan dari kedua teknologi tersebut.

Apa Itu Dolby Digital?
Dolby Digital merupakan teknologi kompresi audio, yang dikembangkan oleh Dolby Laborateries. Versi saat ini dari Dolby Digital adalah "Dolby TrueHD". Sebelum ini, ada 5 versi Dolby Digital lainnya (Dolby Digital - EX, EX Surround, Live, Plus). Kecuali pada versi HD, Semua versi lain adalah lossy ( Ukuran Data yang Dikompresi/ data yang memuat suara yang tidak didengar teling akan dibuang ). Pada tahap awal dari Dolby Digital, beberapa bioskop ukuran 35mm menggunakan teknologi ini tetapi sekarang Dolby Digital telah tersedia dan digunakan dalam perangkat HDTV, DVD, disc Bluray dan konsol game.

Apa Itu Dolby Atmos?
Perbedaan Dolby Atmos Dan Dolby Digital
Dolby Digital dan Dolby Atmos benar-benar dua teknologi yang berbeda yang dikembangkan oleh perusahaan yang sama "Dolby Laboratories". Seperti dikatakan di atas, Dolby Digital menggunakan teknologi kompresi audio, sedangkan Dolby Atmos sini menggunakan teknologi "kompresi Suara". Yang pertama menggunakan Dolby Atmos adalah "Dolby Theater" di California. Mereka memulai debutnya dengan premier film yang berjudul "Breave". Dolby Atmos adalah sistem suara yang banyak digunakan oleh hak Cinema Teater sekarang.
Sesuai namanya atmos dari kata "atmosphere" menurut media luar negeri, Teknologi ini dapat memberikan atmosfer suara yang menyeluruh ke seluruh bagian di ruangan dan meredupkan kebisingan yang ditimbulkan oleh suara lain, sehingga seolah-olah ruangan dipenuhi oleh suara sound dari soundsystem Dolby Atmos. Beberapa perangkat smartpone keluaran terbaru juga telah tertanam chip Dolby Atmos, kebanyakan diantaranya bermerek Lenovo. Mungkin jika anda berminat membelinya berikut beberapa perangkat smartphone dengan chip Dolby Atmos diantaranya ada Nokia 6, Lenovo A7010, Lenovo A6010, Lenovo A7000, Lenovo Vibe K5, dan lainya.

Smartphone yang pertama kali mengimplementasikan chip Atmos adalah Lenovo A7000. perlu dicatat bahwa dalam kebanyakan kasus, keunggulan Dolby Atmos akan terdengar hanya ketika menggunakan system audio surroundsound 5.1 channel keatas. Jika tidak menggunakan system audio 5.1 atau 7.1, suara yang dihasilkan tidak lebih baik dibanding dengan suara yang dihasilkan oleh Dolby Digital.

Perbedaan Dolby Digital Dan Atmos
Karena kurangya informasi yang saya cari, hal yang paling bisa di bedakan adalah bahwa Dolby Digital menggunakan tehnik Lossy, yang merupakan tehnik untuk menghapus suara pada frequensi rendah yang sulit atau tidak dapat didengar oleh telinga manusia. Sedangkan Dolby Atmos benar-benar memberikan suara murni, sehingga terdengar lebih baik. Selain daripada itu Dolby Digital biasanya banyak dipakai pada perangkat mobile seperti smartphone, HDTV, Blu-Ray, dll. Sedangkan Dolby Atmos lebih cocok dipakai pada teater bioskop, home cinema, atau perangkat yang membutuhkan tempat dengan ruangan khusus. Sealin itu juga perbedaan lain adalah pada Dolby Atmos memiliki spesifikasi sound sistem mulai versi 7.1 ke atas sedangkan Dolby Digital mulai v2.1.