Mantra Sakti Dukun Teknologi

Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Performa Game


Banyak sekali isu-isu yang bertebaran yang Dukun Tekno rasa kurang tepat mengenai kinerja gaming, terutama pada Para pengguna Android yang kebanyakan mengatakan bahwa kinerja gaming di pengaruhi oleh jumlah RAM, padahal buka itu Faktor utamanya. Jadi saya akan jabarkan dari Faktor yang memberi pengaruh.



1. GPU ( Graphic Processing Unit )


GPU adalah mesin pengolah grafis, dia faktor utama yang bertanggung jawab atas kelancaran dalam bermain game, di PC / Komputer ada AMD dan NVidia sebagai pemasok utama chip GPU, sedangkan di perangkat mobile seperti Android ada model GPU seperti Mali, Tegra, Adreno, dan lainya.

2. CPU


Peran CPU terhadap game biasanya yang berhubungan Decoding, seperti membuka konten Texture yang di kemas dalam file Archive. Selain itu seperti Multitasking dimana aplikasi yang berjalan di latarbelakang juga memberi beban komputasi ke pada CPU, Biasanya CPU yang berjalan baik untuk gaming memilik 4 Core ke atas.

3. Kualitas Grafis

Semakin tinggi Resolusi ukuran layar semakin tinggi beban yang harus di kerjakan oleh GPU, selain itu ada hal lain yang memberi pengaruh kualitas grafis seperti : Texture, Jumlah Objek 3D yang harus digambar, Kedalaman Warna ( 16 bit = RGB , 24 bit = RGBA ), Dan lainya. Agar game berjalan lebih baik biasanya gamer akan menuju ke pengaturan game / Graphic Setting dan mengurangi kuwalitas grafis.

4. Multitasking

Banyaknya aplikasi yang berjalan pada perangkat Digital seperti Komputer ataupun Smartphone, hal itu akan memberi pengaruh karena kinerja Prosesor, Prosesor tidak akan terfokus pada Game saja, tetapi juga aplikasi yang masih terbuka. Tutup aplikasi yang tidak berguna akan meringankan beban Prosesor.

5. RAM


RAM sendiri adalah jenis memori tertentu untuk menyimpan data, bukan Aktor utama yang memberikan kinerja Game namun di RAM lebih pada kecepatan Bandwith, karena seperti yang Dukun Tekno sebutkan tadi, kinerja game di tentukan oleh Model GPU. Selama ukuran RAM sudah cukup untuk memenuhi spesifikasi minimal untuk memainkan game, kelancaran bermain game tergantung GPU.


6. Harddisk

Hardisk dengan teknologi Sata2 memberikan bandwith data 3Gb/S, sedangkan Sata3 memberi bandwith 6Gb/S. kecepatan Harddisk di perlukan karena beberapa Game melakukan loading konten selama permainan.

7. Render API ( Aplication Programing Interface )

Battlefield4 : Pengaturan API di setting Mantle

Software API adalah program untuk menampilkan gambar pada layar monitor. Contoh seperti DirectX, OpenGL, dan Mantle. API inilah yang menghubungkan kode Software seperti game dengan GPU. API yang di buat lebih dekat dengan bahasa mesin akan memiliki kinerja yang unggul dari pada API yang di bangun menggunakan bahasa tingkat tinggi, biasanya beberapa game memberi Opsi grafis untuk mengatur Render API, apakah grafis game diolah oleh API DirectX atau OpenGL atau juga Mantle jika tersedia.