Mantra Sakti Dukun Teknologi

Perbedaan Utama CPU, GPU, Dan APU



Banyak sekali para IT newbie yang bingung dengan perbedaan CPU dan GPU, Bukankah keduanya sama-sama memproses data?, jawabanya YA! tetapi agar lebih dapat melihat perbedaanya kita selidiki lebih dalam lagi.

CPU ( Central Processing Unit )

Central Prosesing Unit, dari artinya saja kita bisa lihat, ini adalah Pusat Pengolah Data, Dia yang mengolah aritmatika dasar, Logic, dan kontrol I/O. Komponen utama CPU antara lain adalah ALU ( Aritmatic Logic Unit ) untuk proses aritmatika dan logika, komponen lain seperti register untuk kontrol Memory, Dan Decode.


CPU memproses data dalam bentuk intruksi-intruksi, di jalankan satu per satu dalam waktu singkat/cepat yang di sebut program, intruksi-intruksi ini akan mengisi memori. Dalam operasinya ada 3 langkah cpu ( hampir semua cpu ) dalam mekeksekusi program, yaitu: fetch ( ambil data ), decode ( memecah code ), execute ( jalankan ). dan setelah intrkusi di jalankan, proses operasi dilakukan berulang-ulang ( jika anda seorang programer mungkin akan lebih paham bagian ini dimana ada fungsi perulangan ).

GPU ( Graphic Processing Unit )

GPU di buat untuk mempercepat operasi perhitungan yang berkaitan dalam grafis 3d. Antara lain: pemetaan textur gambar, render polygon / segitiga ( objek 3d yang kompleks di bentuk dari gabungan segitiga ), geometri, traformasi, vertek dalam sistem koordinasi. Operasi-operasi 3d tersebut akan melibatkan perhitungan Matrik dan Vektor.

Shading : Flat dan Smooth
Tidak hanya melakukan perhitungan Matrik dan Vektor, GPU juga mampu melakukan manipulasi warna ( Shading ). Seperti pada gambar di atas, GPU menghaluskan warna agar terlihat melengkung sepenuhnya.

APU ( Acelerate Processing Unit )

Diagram APU

Ini hanyalah Istilah untuk produk prosesor AMD yang menggabungan CPU dan GPU dengan tehnik tertentu agar mendapatkan nilai lebih / Plus dari pada menggunakan CPU dan GPU yang terpisah. Nilai lebih / Kelebihan dari teknik yang di terapkan AMD untuk produknya adalah: Harga lebih murah karena ukuran Chip mengecil, Lebih hemat listrik karena lebih sedikit komponen elektronik yang akan teraliri listrik, Komunikasi antar CPU dan GPU yang lebih cepat dan menghasilkan kinerja yang lebih baik.

Kesimpulan:

CPU adalah unit pengolah pusat, GPU tidak akan memproses data jika tidak mendapat input dari CPU, karena Control Input/Output ( I/O ) atas GPU hanya dilakukan oleh CPU.

Keberadaan GPU fungsinya untuk mempercepat perhitungan Grafis 3D yang meliputi perhitungan Matrik dan Vektor ( di SMA akan di ajari rumusnya ).

Tidak hanya CPU yang melakukan Decoding, GPU jaman sekarang mampu melakukan decoding ( memecah data ) namun biasanya hanya decoding konten Video seperti decoding file MP4, FLV, MKV, 3GP, dan lainya.

Nah sudah saya sebutkan fungsinya masing-masing antara CPU dan GPU, semoga anda dapat membedakanya... 

Namun jika anda masih bingung dengan perbedaan CPU dan GPU, maka perbedaanya sama hanya CPU dan Sound Chip...

Share Artikel

Facebook Twitter Google+

5 comments

Nice infonya, jadi makin paham nih..

Njirr infonya Ajib bener DAh.. I Luv U...

Mantapp infonya broo.. jadi tercetahkan :v

Iya.. Makasih mas brooo udah mampir...