-->

Cara Menambah Ukuran Kapasitas Memory Flashdisk, SDCard Dan Semua Jenis Flash Memory

Ada beberap jenis memory yang ada saat ini salah satunya jenis Flash (bukan flashdisk ya!!, karena flashdisk merupakan salah satu anakan flash memory), Flash memory merupakan jenis memory non volatile memory atau dengan kata lain memory yang dapat menyimpan data tanpa muatan listrik, namun walaupun HDD juga jenis memory non volatile, Flash memory memiliki cara kerja yang berbeda dengan memory Harddisk / HDD. Selain Flash memory memiliki macam-macam bentuk dan kegunaan contohnya SSD (digunakan untuk memory sistem), Flashdisk, SD Card, MMC, dll. Dan kali ini Dukun Tekno akan memberikan tutorial cara menambah kapasitas memory flashdisk atau SDCard, bukan menambah sih lebih tepatnya mengubah ukuran memory, untuk memory jenis Flash Memory. beberapa ukuran yang dapat menjadi pilihan adalah 4GB, 8GB, 16GB dengan menggunakan SDdata Tool. Oh ya, selain versi artikel, saya juga menyediakan tutorial versi video youtube yang bisa ditonton sebagai berikut:


Ingat ini tidak akan menambah ukuran memory, ukuran memory tetap sama jadi aplikasi ini hanya mengubah informasi ukuran memory tanpa mengubah ukuran memory yang sebenarnya, ini disebabkan karena ukuran memory dicetak secara hardware, jikapun bisa melakukan copy paste dengan ukuran yang lebih ada kemungkinan file tersebut akan korup. Dan perhatikan lagi bahwa ini membuat memory anda rentan terhadap kerusakan, saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang akan terjadi pada memory anda bila mengikuti tutorial yang saya berikan. Oke, jika anda siap dengan semua resiko yang ada langsung ke langkah-langkahnya saja.

Langkah Mengubah Ukuran Memory Flash
1. Bahan.
  • PC, Komputer, Desktop ber OS Windows.
  • Unduh Aplikasi SDdata Tool dan Net 3.5, Unduh menggunakan link dibawah.
  • Flashdisk / SDcard / MMC segala ukuran yang kosong karena prosesnya melakukan format.

2. Colokkan memory flashdisk/sdcard/mmc anda ke PC/Komputer/Desktop.
3. Buka Aplikasi SD Data Tool (Tidak perlu di instal, karena terbuka secara stand alone).

4. Pilih drivenya, kali ini saya akan mengubah ukura flashdisknya menjadi 8GB yang semula adalah 4GB.

5. Setelah memilih ukuranya, lalu pilih 'compress NOW', maka proses pengubahan ukuran memory sedang berlangsung.
6. Jika ingin mengubah ukuranya menjadi 16GB, pada langkah ke 3 centang/pilih yang 16GB. Done!!.

Mudah sekali bukan prakteknya? Itulah cara menambah ukuran kapasitas memory Flashdisk, SDCard dan untuk semua jenis Flash memory, ada aplikasi lain yang memiliki fungsi yang sama tetapi menurut saya ini yang tersimpel. Kalo sobat dukuntekno punya pertanyaan, sobat bisa berkomentar dan menjelaskan bagian mana yang masih membingungkan, karena tentu saya akan membimbing anda dengan sebaik-baiknya. sekian trik windows dari Dukun Tekno yang dapat saya bagikan dan Semoga berhasil.