-->

Tips Menghemat Dan Memperpanjang Umur Baterai Pada Perangkat Android

Charging Yang Benar
Hindari Cas batre ketika batre dalam keadaan kosong, jika anda pikir mengisi baterai terlalu penuh adalah hal yang buruk, maka menggunakan batre sampai dalam keadaan kosong lebih buruk lagi, hal ini dapat mempersingkat umur batre. Usahakan untuk menjaga baterai pada suhu normal yaitu sekitar 25°, jangan terlalu panas atau dingin. Dan yang terakhir jangan biarkan baterai kosong dalam waktu yang lama, mineral dalam baterai sebagian akan menguap hal ini akan mempengaruhi umur baterai.

Gunakan Jaringan 2G / 2.5G ( GPRS, EDGE ) Atau Wifi Ketika Berinternet
Jika anda sudah sering browsing dengan smartphone anda, dan selama ini menggunakan jaringan 3G, cobalah gunakan jaringan 2G. Jaringan 2G memang lebih lambat dari 3G, tetapi 3G benar-benar menguras batera dengan cepat. Bahkan ketika mendownload file, smartphone terasa panas sekali. Namun jika memang Kecepatan berinternet adalah pioritas utama bagi anda, abaikan saja poin ini atau usahakan menggunakan jaringan Wifi.

Redupkan Layar
Bagian komponen yang paling sering aktif pada semart phone adalah Layarnya, tentu saja dengan meredupkan cahaya yang datang dari layar akan menghemat baterai. Jika anda menggunakan layar jenis Amoled, maka hal ini bisa menghemat baterai secara signifikan dari pada layar TFT.

Matikan Wifi, Bluetooth, GPS, Getaran
Terkadang seseorang lupa mematikan fitur ini ketika selesai menggunakanya, mulai saat ini cobalah agar selalu mematikan fitur tersebut. Karena Wifi, Bluetooth, atau pun GPS memliki komponen perangkat keras yang harus di suply listrik jika di aktifkan. hal ini akan membuat arus menjadi terbagi, selain baterai yang menjadi cepat habis, performa pun ikut berkurang.

Persingkat Waktu Stanby
Waktu Stanby adalah waktu dimana smartphone menggunakan performa terbaiknya untuk mengerjakan suatu tugas semenjak input terakhir pada durasi tertentu. durasi stanby ini bisa di tetukan oleh pengguna, ketika mode stanby mati maka smartphone akan beralih ke mode sleep, mode sleep ini membuat smartphone bekerja dengan sebagian kemampuanya dan terkadang bahkan mode sleep membuat smartphone mematikan beberapa fitur.

Uninstal / Ganti Aplikasi Yang Menyerap Banyak Baterai
Aplikasi yang berjalan dilatar belakang seperti Facebook, BBM, Whatsapp, dll diam-diam mereka menguras baterai, anda bisa mengganti aplikasi Facebook dengan Opera mini, Dimana opera mini lebih ramah terhadap baterai karena aktif ketika digunakan saja. Anda juga bisa R*ot android dan menghapus aplikasi bawaan ponsel jika masi belum puas.

Gunakan Tema Dan Widget Sederhana
Tema dan Widget yang kaya akan pernak pernik memang membuat tampilan menjadi menarik, namun efek animasi, icon pemberitahuan masuk, icon aplikasi, dll. Mereka semua dapat menguras baterai lebih cepat, karena untuk melakukan efek-efek tersebut prosesor harus berjalan lebih cepat dan akhirnya lebih banyak daya yang dibutuhkan.

Jika Smartphone Tidak Digunakan
Terkadang jika kita memiliki hp baru pastinya hp yang lama akan kita simpan. Jika anda sedang tidak menggunakan smartphone pertama anda dalam waktu yang cukup lama, misalnya satu minggu atau bulan atau lebih. Maka alangkah lebih baiknya supaya mencabut baterai dari smartphone, jika jenis baterai yang anda pakai adalah non-removeable sebaiknya charger secara berkala. Hal ini untuk menghindari kerusakan baterai karena lama tidak mendapatkan suply listrik.