Cara Mudah Block Internet Pada Aplikasi PC Menggunakan Firewall

Apa Itu Firewall?
Firewall adalah gabungan dari kata 'Fire' dan 'Wall ' yang artinya dinding api, seperti ibarat dinding yang menghalangi api untuk menyebar Windows firewall memiliki fungsi yang dimaksudkan untuk keperluan memblokir aplikasi di komputer yang terhubung ke jaringan. Ketika anda menginstall sebuah aplikasi, biasanya opsi mengatur izin akan disetting secara default dan tidak ditampilkan. Supaya hal ini tak mengganggu kenyamanan, apalagi jika kita tak perlu untuk melakukan update, maka bisa dimatikan melalui Windows firewall.

Untuk memblokir aplikasi yang terhubung ke internet menggunakan Windows firewall, mari kita ikuti langkah-langkah berikut ini. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan sesuai OS yang anda gunakan. Berikut ulasannya.

Cara I (Windows 7)
1. Masuk ke  Control Panel, lalu pilih System and Security.
2. Pada bagian Windows Firewall, lalu pilih Allow a program through Windows Firewall.
3. Beri tanda centang pada nama aplikasi. Anda bisa mencari nama program yang hendak di blok yang tidak terdapat pada daftar, klik tombol Allow another program dan juga bisa klik tombol Browse, silakan pilih file programnya.

Cara II
1. Untuk membuka windows firewall bisa melalui control panel, lalu pilih Windows Firewall lalu menuju Advanced Security. Bisa juga melalui tombol (Windows + R) lalu muncul kotak Run, lalu ketik wf.msc lalu OK/Enter, (muncul jendela Windows Firewall dalam Advanced Security).
2. Berikutnya klik Outbound Rules (jedela sebelah kiri), lalu klik New Rule (sisi kanan)
3. Selanjutnya pada New Outbound Rule Wizard, pilih Program > Next.
4. Klik pada tombol Browse untuk menelusuri file program atau bisa mengetik secara manual nama file dari program yang ingin di blok, kemudian klik next.
5. Di Jendela Action, pilih Block the connection >  Next.
6. Pada jendela Profile, beri centang untuk semua.
7. Pada jendela Name, beri nama aturan baru seperti Blok Explorer dan klik Finish.

Cara III  (Windows XP)
1. Buka Control Panel.
2. Kemudian pilih > Security Center.
3. Pada security settings, lalu pilih Windows Firewall.
4. Pilih pada tab "Exceptions"
5. Jika program tidak ada pada daftar/list, pilih Add Program.
6. Centang (chek) untuk mengijinkan aplikasi (allow access to the network)
7. Untuk blok akses maka buang tanda centang (unchek untuk block access).

Itulah penjelasan cara blokir aplikasi dengan windows firewall yang bisa anda terapkan pad amasing-masing Sistem Operasi, semoga cukup jelas, Semoga Bermanfaat!.