Apa Itu Bandwidth? Pengertian Dan Fungsinya

Apa Yang Dimaksud Dengan Bandwidth?
Bandwidth adalah suatu ukuran kecepatan transfer data digital dalam satu detik, memiliki satuan bit per secon (bps). Satuan data digital bisa bit, Kilo bit, Mega bit, Giga bit, Tera bit dan seterusnya. Istilah bandwidth sendiri lebih sering ditemui pada kecepatan transfer data internet, hal ini karena promosi iklan oleh pihak operator yang memperkenalkan istilah Kbps / Kilo bit per secon. Walaupun begitu hal ini juga dapat ditemui pada transfer data antar media penyimpan seperti Flashdisk, kecepatan Memory SD Card, dan semua perangkat komputasi.

Pengertian Bandwidth
Bandwidth merupakan sesuatu untuk menghitung kecepatan transfer data yang dihitung dalam satuan bit/detik atau yang biasanya di sebut dengan bit per second (bps), Dalam jaringan internet seperti antara server dan client, sinyal ponsel dan sinyal operator, dll dalam waktu tertentu. Bandwidth juga dapat diartikan sebagai kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik. Contoh, ketika sebuah Operator menyatakan memberikan akses internet hingga 10Mbps artinya kecepatan tidak lebih dari itu akan tetapi bisa lebih rendah dari itu, hal ini karena kekuatan sinyal, noise / polusi sinyal dari sinyal lain, dll.

Seperti pembahasan sebelumnya, Bandwidth juga dipakai dalam cakupan kecepatan transfer data antar media penyimpan seperti Flashdisk, RAM, BUS, dll. Bandwidth komputer dalam jaringan komputer, bandwidth ini sering dipakai sebagai suatu sinonim untuk data transfer rate, ialah jumlah data yang bisa dibawa dari perangkat digital ke perangkat digital yang lain dalam jangka waktu tertentu (biasanya dalam hitungan detik).

Perbedaan bit Dan Byte
Terkadan seseorang sering salah tafsir antara bit dan Byte, contohnya iklan promo di internet yang menyatakan kecepatan internet sebesar 10Mbps, hal itu bukanlah 10 Mega Byte per second, melainkan 10 Mega bit per second. Sedangkan bit dan Byte adalah berbeda. Istilah-istilah seperti ini sering membuat kita bingung. Sebelum dibahas panjang lebar, singkatnya bit dan byte tidak sama, 1 byte dibentuk atas 8 bit / 1 byte = 8 bit.

Biasanya byte dinyatakan dengan huruf 'B' besar, sedangkan bit dinyatakan dengan huruf 'b' kecil. Jadi huruf besar artinya byte atau satuan yang lebih besar, sedangkan huruf kecil artinya bit atau satuan yang lebih kecil. Biasanya transfer speed dinyatakan dalam bentuk bit, sedangkan kapasitas penyimpanan data biasanya dinyatakan dalam bentuk byte.

Definisi Bandwidth Digital Dan Analog
Apa itu bandwidth digital dan analog? Dlam sebuah jaringan komputer bandwidth terbagi menjadi dua macam diantaranya bandwidth digital dan analog dan penjelasannya di bawah ini:

Bandwidth digital yaitu volume ataupun jumlah suatu data (dalam satuan bps atau bit per second) yang bisa dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.

Bandwidth analog yaitu merupakan suatu perbedaan antara frekuensi yang terendah dan frekuensi yang tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hertz (Hz) yang bisa menentukan banyaknya informasi atau data yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.

RELATED POST
Disqus Comments