Cara Boot BIOS USB DVD Laptop lenovo G40 Untuk Instal Windows

Pengalaman
Selain saya ingin berbagi tutorial, saya juga ingin share pengalaman yang saya alami. Pengalam ini mengenai laptop Lenovo G40 ber OS Windows 7 milik adik saya yang tiba-tiba error setelah dipinjam temannya. Adik saya pun meminta kepada saya supaya diperbaiki, error yang ada pada OS nya cukup sulit (sepertinya bukan virus karena scan boot saya tidak menemukan tanda-tanda adanya virus) dan Laptopnya harus segera dipakai untuk keperluan sekolah. berhubung semua data-data milik adik saya ada pada driver D:, jadi saya memutuskan untuk menginstal ulang Windows nya karena tidak ada waktu untuk berekperimen dengan laptopnya. Nah, Bagi anda yang sama-sama ingin mengistal Windows di Laptop Lenovo G40 / G45, anda bisa menyimak baiki-baik tutorial yang akan saya tulis sebagai berikut.

Persiapan
Saya berencana menginstal Windows 10 64bit ke laptop Lenovo via USB bootable Flashdisk walau Laptopnya mendukung Rom DVD, ini karena saya sendiri tidak memiliki DVD jadi sayapun menyiapkan beberapa hal seperti; Flashdisk, file ISO Windows 10, aplikasi rufus, dan koneksi internet untuk mengunduh Driver. Aplikasi rufus untuk menginstal Windows 10 di bootable flashdisk, tutorial bisa lihat disini Cara membuat bootable instalasi Windows dari Flashdisk.

Langkah Boot Ke Flashdisk / DVD

  1. Ketika laptop dalam keadaan mati, jika menggunakan Flashdisk, tancapkan Flashdisk ke port USB 3.0, namun jika menggunakan DVD masukkan keping DVD Installer Windowsnya. Setelah itu hidupkan laptop.
  2. Sebelum muncul logo Lenovo, tekan dan tahan kombinasi tombol fn + f2. supaya masuk ke BIOS. ingat sebelum logo Lenovo.
  3. Setelah masuk BIOS, buka tab Boot. gulir kebawa sampai ke bagian Legancy. Disana ada daftar perangkat memory yang terpasang. Urutan pertama adalah perangkat memory yang akan di boot.
  4. Supaya laptop ketika dihidupkan masuk ke Flashdisk, Pada tab Boot cari menu Legacy lalu gulir ke Transmemory, lalu tekan kombinasi tombol fn+f6 sampai perangkat Transmemory berpindah ke posisi pertama.
  5. Lalu simpan pengaturan BIOS nya dengan cara, tekan kombinasi tombol fn+f10 lalu Save dan OK.
Nah selanjutnya Laptop Lenovo G40 akan boot ke Flashdisk, gimana mudah sekali bukan? jika masih belum paham bisa berkomentar koq, tanyakan saja jika ada yang ingin ditanyakan.

RELATED POST
Disqus Comments