Cara Memblokir Bot Visitor

Supaya trafik lalu lintas visitor pada blog selalu berdatangan padat merayap bak arus mudik ketika lebaran, tentunya blogger harus menggunakan trik tertentu supaya bisa jalan. Trafik yang bejibun pastinya dambaan setiap blogger. Salah satunya adalah dengan cara memanfaatkan software auto visitor blog atau auto link. Sebenarnya ada banyak jenis, misalnya; Jingling, Alexa Boster, Admin Spot Backlink Bost, SetupBlogBlast dan banyak lainya yang saya sendiri tidak hafal satu persatu.

Software auto visitor merupakan salah satu langkah optimasi blog, tujuannya tidak lain agar mendapatkan pengunjung secara instan, dengan begitu secara singkat traffic langsung naik tinggi. Cara kerjanya dengan metode tipu-tipu, yakni mengumpulkan seluruh IP negara di dunia, kemudian di suruh datang menjadi visitor. Artinya, pengunjung yang mampir ke suatu blog yang menggunakan software jingling bukanlah manusia, melainkan bot saja. Kira-kira seperti itulah saya menggambarkanya. Dengan kata lain, ini adalah pekerjaan blogger yang malas berusaha dalam merebut visitor dari search engine secara sportif, memupuk mental penipu. Tanpa membuat konten tapi merampok pengunjung secara sadis.

Jika pernah mendengar tentang Website Traffic Generator, yakni sebuah tool yang digunakan untuk meningkatkan pengunjung suatu website, dimana semua pengunjung tersebut adalah bot atau traffic palsu. Nah, jingling auto visitor, kurang lebih mirip dengan tool tesebut. Jingling ini sering juga digunakan pada bisnis online yang menggunakan sistem PPC dan CPM, sebab semakin sering nge-jingling maka tentunya dollar dari situs bisnis online itu makin besar.

Efek samping dari pekerjaan tersebut, walaupun grafik pengunjung tiba-tiba melonjak secara masive tapi sifatnya hanya sementara, tidak permanen, bahkan tidak stabil. Paling ngetop hanya bertahan beberapa menit saja. Karena cuma mengandalkan visitor bot yang datang dari luar negeri, maka otomatis akan berpengaruh terhadap penurunan alexa rank atau. Lebih buruk lagi jika terlacak oleh robot google, mungkin saja akan dianggap spam dan kemudian ditendang dari google.

Jika tujuan penggunaan auto blog dan cara kerja software jingling seperti di atas, maka dapat disimpulkan tidak berpengaruh pada SEO. Maksudnya, cara optimasi SEO yang baik dan benar misalnya dengan cara editing meta tag, submit sitemap, pengaturan robot txt dan sebagainya sesuai dengan tutorial yang disebutkan oleh google webmaster. Hal ini alami, walaupun perkembangan blog harus melalui proses step by step, wajib sabar dalam membangun visitor tapi sifatnya stabil dan permanen. Maka secara konsisten, secara perlahan ranking suatu blog akan membaik dengan sendirinya.

Langkah Block Jingling
Lalu, bagaimana agar blog tersayang secara otomatis mampu mencekal atau menolak kedatangan robot jingling. Dengan kata lain, memberi rambu-rambu blokir agar IP blog tidak ikut terseret oleh virus jingling atau cara mengatasi jika sudah terlanjur kena jingling?

1. Buka Blog, pilih menu Setelan > Prreferensi Penelusuran > Robots.txt khusus > Edit.
2. Centang “Ya”, pada pilihan Aktifkan konten robots.txt khusus?
3. Copas kode di bawah ini pada kolom yang tersedia

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:


User-agent: Googlebot

Allow: /


Disallow: /search

User-agent: *
Disallow: /


Sitemap: http://dukuntekno.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

4. Ganti tulisan kode yang berwarna merah dengan URL blog anda. Kemudian klik tombol “Simpan perubahan”. Maka selesaikan proses pencegahan auto visitor jingling. Setidaknya cara tersebut bisa pula digunakan sebagai tameng anti AGC (Auto Generated Content).

Perhatian

User-agent: Googlebot
Allow: /

Kode diatas artinya hanya robot google saja yang bisa merayapi blog anda.

User-agent: *
Disallow: /

Kode diatas artinya mencegah dan membatasi semua bot robot lain untuk mengakses blog anda, kecuali robot perayap google saja. Yang perlu dipertimbangkan, biasanya untuk beberapa hari visitor akan turun, tapi nantinya juga akan normal kembali.

RELATED POST
Disqus Comments