Apa Itu Bootloop? Pengertian Dan Cara Mengatasinya

Bootloop adalah suatu kondisi dimana sebuah sistem operasi Android mengalami masalah pada sistemnya, efek dari masalah ini ketika perangkat Android dihidupkan, perangkat tidak dapat booting (masuk ke sistem operasi) dengan normal. Bentuk error yang terjadi bisa berbeda-beda, bisa saja layar blank hitam atau restart berkali-kali, atau juga hanya mentok di boot animasi (logo Android / vendor: logo samsung, logo lenovo, logo xperia, dll). Penyebab bootlop sering terjadi / dialami pada pengguna yang suka mengotak-atik android misalnya mengoprek, root, dll. Bisa pula disebabkan bug pada sistem operasi Android itu sendiri.
Gambar diatas menunjukkan masalah bootloop ketika booting hanya sampai di logo ASUS Android
Bootloop merupakan isu negatif bagi Android karena banyak menyerang perangkat ini, masalah bootloop tidak hanya ditemukan pada satu perangkat dalam satu vendor ponsel, melainkan juga perangkat lain.

Penyebab
Banyak faktor yang melatarbelakangi error bootloop, namun biasanya error ini muncul ketika berada dikondisi dari penghapusan cache yang terlupakan sebelum menginstal baru ROM, selain itu Instalasi ROM yang tidak stabil seperti pada kasus perangkat CM 11 GT-I9100, salah penanganan akses root, dan mungkin kerusakan hardware seperti IC Power (menyebabkan red led).

Macam-Macam Bootloop Pada Android
Android Light Bootloop
Ini merupakan bootloop yang paling mudah diatasi oleh pengguna biasa. Light loop ini biasanya terjadi karena pada penggunaan ponsel android dalam keadaan pemakaian normal, melakukan install aplikasi, bermain game namun tiba-tiba saja saat dihidupkan ulang atau restart android hanya berhenti di logo dan sebelumnya sama sekali tidak mengoprek Android.

Cara mengatasinya: biasanya hal ini bisa langsung diatasi dengan mencabut baterai dari smartphone lalu pasang dan aktifkan kembali. Tetapi untuk perangkat seperti tablet agak sulit karena baterai terhubung dengan perangkat dengan cara disolder sehingga harus melepas timah terlebih dahulu.

Android Medium Bootloop
Medium bootloop terjadi karena pengguna mencoba mengutak-atik ponsel android miliknya. Medium bootloop masuk kedalam kerusakan tingkat menengah karena android masih bisa masuk kedalam menu recovery mode, namun hanya saja gagal ketika melakukan boot OS kebanyakan mentok ke logo Android.

Cara mengatasinya: Untuk mengatasi bootloop tingkat ini Sobat bisa melakukan format OS melalu menu recoveri mode, namu jika pada menu recovery yang ada tidak ditemukan fitur format, maka Sobat harus menginstal ulang ROM original.

Android Hard Bootloop
Hard bootloop memiliki nama lain hardbrick adalah tingkatan bootloop yang paling sulit ditangani kebanyakan diakibatkan karena aktifitas modifikasi os yang terlalu sering sehingga merusak perangkat keras seperti IC Power, akibatnya tidak bisa booting ponsel android kita dan layar mengalami blank hitam. Biasanya terjadi pada pengguna yang sudah melakukkan rooting dan melakukan modifikasi script misalnya mengubah font android, mengubah partisi external/micro sd, menghapus aplikasi bawaan android yang merupakan bagian system dengan aplikasi titanium backup, salah melakukan instal custom rom, dan lain-lain. Pada hard bootloop tidak bisa masuk ke recovery mode.

Untuk mengatasinya bisa ikuti artikel yang saya bahas di tautan berikut Cara memperbaiki android Hardbricked.

Cara Memperbaiki Bootloop Secara Umum
Secara umum memperbaikan bootloop harus dilakukan dengan menghilangkan penyebab masalah, inilah yang sulit ditemukan di unit yang terkena bug ini, namun umumnya beberapa langkah berikut mampu memperbaiki bootloop tanpa memberikan maslah baru jika dilakukan dengan benar, seperti: Menghapus cache menggunakan melalui recovery mode pihak ke tiga seperti TWRP / CWM, cara lain adalah menginstal ulang drive atau menginstal ROM stabil atau ROM asli.

Related Posts:

0 Response to "Apa Itu Bootloop? Pengertian Dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment