Cara Perbaiki HP Yang Mati Total Atau Bricked

Tentunya semua perangkat elektronik seperti Smartphone pasti akan mengalami kerusakan entah karena penggunaan yang salah atau dikarenakan cacat produksi, dalam dunia smartphone istilah matinya smartphone disebut sebagai Brick. Brick adalah suatu kondisi pada semartphone ketika smartphone sama sekali tidak memberikan adabya tanda-tanda proses booting pada smartphone ketika dihidupkan. Juga termasuk ketika menghidupkan smartphone ketika ingin masuk ke menu Recovery

Disini saya akan membahas matinya smartphone atau brick. bagi anda yang mengalami hal ini pastilah tidak senang apa lagi jika ada file-file penting seperti tugas kuliah dan sekolah, atau juga foto kenangan yang harusnya bisa dikenang di kemudian hari. Tetapi namanya barang rusak pasti masih bisa diselamatkan jika diperbaiki dengan cara yang baik dan benar.

Umunya kondisi Brick pada smartphone Android kebanyakan terjadi ketika gagal dalam melakukan proses oprek / modding ROM. tetapi ada juga akibat dari ausnya IC Power karena menggunakan Charger yang bukan rekomendasi. Pada proses modding kesalahan yang sering terjadi adalah menumpuknya file dalvik chace yang membengkak. Ada 2 jenis Brick yaitu Softbrick dan Hardbrick, apa itu Softbrick dan Hardbrick?

Soft Brick
Softbricked
Soft Brik adalah suatu kondisi dimana berhentinya proses boot android tepat di logo Android / Merek smartphone (Samsung, Sony, LG, HTC, Mito, MUI, OPPO, dll). Softbrick merupakan jenis kerusakan yang lebih mudah untuk di perbaiki sendiri tanpa membawanya ke tukang service, kebanyakan bisa diperbaiki dengan install ROM Original.

Langkah-Langkah Perbaiki Soft Brick
1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti:
  • Komputer Windows 7, 8, 8.1, 10.
  • Aplikasi Flashing: 
- Jika menggunakan smartphone Samsung gunakan aplikasi bernama Odin.
- Jika menggunakan smartphone Sony gunakan aplikasi bernama Flashtool (bukan SP Flash Tool).
- Jika menggunakan smartphone dengan chipset Mediatek MTK seperti Lenovo, Oppo, dan HH MTK lainya. gunakan aplikasi bernama SP Flash Tool.

Perhatikan, Aplikasi flashing tiap smartphone bisa berbeda2, cari informasi lebih lanjut di internet. aplikasi flashing mana yang direkomendasikan untuk model smartphone anda dan cara menggunakanya.
  • ROM Firmware Original, sesuaikan dengan model smartphone agan.
  • Driver USB untuk chipset.
  • Setelah semuanya siap, lakukan flashing.

Hard Brick
Hardbricked
Hard Brick adalah suatu kondisi dimana matinya smartphone android secara total, tidak muncul respon ketika dicharger atau ketika di tekan tombol power ataupun tanda-tanda lainya. Kebanyakan kerusakan Hardbrick bisa diperbaiki dengan mengganti IC Power, dan biasanya membutuhkan jasa tukang service.

Walau tergolong sulit di perbaiki, tetapi mungkin masih bisa dihidupkan dengan beberapa tips - tips dibawah

Perbaiki Tanpa Menggunakan Aplikasi
  • Copot SIM Card, Memory Card dan Baterai dari smartphone. diamkan sampai sekitar 10 menit sambil di tekan tombol power, lalu pasang kembali dan coba hidupkan. Hal ini dilakukan agar pengaturan pada RAM hilang, dan akan kembali ke default ketika tidak ada arus listrik sama sekali.
  • Coba Lakukan flashing seperti cara softbrick tetapi kali ini sedikit berbeda, Copot SIM Card, Memory Card dan Baterai dari smartphone lalu hubungkan ke PC via kabel USB. Tekan tombol Power + tmb Up / Down. Jika bergetar vibratornya, segera lakukan flashing.
  • Jika kesmuanya tidak berhasil biasanya terjadi kerusakan pada HH, kebanyakan pada IC Power, saran saya biarkan tukang service yang handal yang memperbaikinya. Dan jangan membeli model yang sama dengan model smartphone anda yang rusak, bisa jadi itu cacat produk.

Pahamilah, dalam kasus Hardbricked terdapat model smartphone yang disebut cacat produk. Disebut cacat produk karena biasanya kebanyakan model smartphone dengan model yang sama mengalami kerusakan yang sama dan dapat diperbaiki dengan cara yang sama pula.

Itulah cara perbaiki HP yang mati total yaitu kondisi hard bricked dan soft brick, terimakasih telah mampir di blog saya ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan jika anda masih belum paham tentang cara memperbaikinya, saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagianmana yang membingungkan anda karena tentu saya akan membimbing anda dengan sebaik-baiknya. sekian tips blog dari Dukun Tekno yang dapat saya bagikan dan Semoga berhasil.

Related Posts:

1 Response to "Cara Perbaiki HP Yang Mati Total Atau Bricked"

  1. ijin coba nas bro.. Xperia L saya error habis d banting adek..

    ReplyDelete