Cara Menghapus Kode Ikan Adsvertisement Yang Tersembunyi Di Template Blog

Lama gak nulis artikel, dukun tekno mulai balik lagi untuk membagikan mantra-mantra ajaib bagi pembaca setia Dukun Tekno, dan kali ini saya ingin membagikan cara menghapus kode iklan tak dikenal dari template. Menjadi seorang blogger tidaklah asing dengan namanya iklan atau adsvertisement, iklan merupakan sumber pendapatan bagi seorang bloger dan oleh sebab itu banyak pemblogger menggunakan berbagai cara supaya iklannya dapat di lihat oleh banyak orang, salah satunya dengan memasang kode iklan ke template yang akan ia bagikan, sebenarnya hal ini beresiko karena bisa saja kode iklan yang ia pasang akan dipasang ke situs terlarang oleh pihak lain dan akhirnya membuat akun iklan miliknya di banned, ini seperti salah satu dari kebijakan Google Adsense yang melarang menampilkan iklan dibeberapa situs dengan kategori tertentu.

Yup! Google Adsense merupakan penerbit iklan yang paling populer karena kualitas dan nilai pembayaran yang termasuk tinggi, tetapi untuk mendapatkan akun adsense yang terverifikasi ternyata cukup sulit, banyak para blogger yang rela membeli akun adsense dengan harga jutaan rupiah.

Berbicara mengenai kode iklan yang terpasang ditemplate, Template bisa dikatakan sebagai wajahnya blog, mengatur struktur tampilan dan style blog, didalam template terdiri dari kode-kode yang membentuk struktur termasuk didalamnya juga berisi kode iklan. Umumnya seorang blogger tidak mau repot-repot untuk membeli template dan lebih memilih untuk mendapatkan Template secara gratis dari internet. Karena hal ini lebih mudah dan instan ketimbang repot-repot membeli dan ternyata ada template gratis yang memiliki tampilan yang lebih bagus. Tetapi sayangnya terkadang didalam template gratis tersebut telah disusupi oleh kode iklan dari pihak lain, entah itu dari pihak pengembang template yang asli atau seseorang yang hanya melakukan edit kode template dan mensharenya kembali.


Disini dukun tekno ingin menjelaskan mengenai cara membersihkan kode template yang telah terpasang kode iklan. pernah suatu ketika waktu awal-awal ngeblog saya sering menggonta-ngganti template blog dan menemukan template yang telah terpasang beberapa unit iklan dari pihak lain, tentunya saya tidak ingin blog saya dijadikan sumber keuntungan oleh pihak lain dan saya pun mencari cara untuk menghapus unit iklan tersebut. Berikut cara yang saya lakukan:

Langkah Hapus Kode Iklan Didalam Template
1. Pertama-tama anda bisa buka template melalui mode "Edit HTML". dengan cara, Blogger > Dashboard > Template > Edit HTML.

2. Terbukanya Template dalam mode Edit HTML maka akan terlihat semua kode Template nya.

3. Langkah ke 3 adalah menemukan kode iklannya, untuk mencari kode iklan biasanya dalam kode iklan akan ada baris kode dengan kata "ads" atau "ad". Cari kata "ads" menggunakan fitur pencarian bawaan browser dengan cara tekan bersama-sama tombol CTRL+F, jika menggunakan Browser Firefox maka kolom untuk mengisi kata "ads" akan muncul di pojok kiri bawah dan jika menggunakan Chrome akan muncul di pojok kanan atas. Isikan kata "ads" tadi lalu Enter.

4. Maka ketemulah semua baris kode yang memuat kata "ads". Eitss!! tetapi setelah ini jangan hapus dulu baris kode "ads" nya. Kita cari dulu apakah kode tersebut memang merupakan kode iklan atau bukan.

5. Untuk mencari tahu kode tersebut merupakan kode iklan atau tidak, biasanya kode iklan tersusun dari javascript, ada iklan ID terdiri dari nomer unik. Bentuk kodenya kurang lebih seperti ini.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<!-- dukuntekno sidebar responsif -->
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:block"
     data-ad-client="ca-pub-4794354245665322"
     data-ad-slot="4754769498"
     data-ad-format="auto"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

6. Setelah anda yakin kode tersebut merupakan kode iklan dari pihak lain, hapus kode tersebut mulai dari kode <script async sampai kode </script>.

7. Jangan lupa untuk mencari kode iklan lain yang mungkin masih bersemayam / terinstal di template blog anda yang dilakukan oleh pihak lain.

Related Posts:

0 Response to "Cara Menghapus Kode Ikan Adsvertisement Yang Tersembunyi Di Template Blog"

Post a Comment