Laptop Dengan GPU Card

Bisakah sebuah laptop dipasangi sebuah graphic card? jawabanya adalah bisa tidak bisa iya. Kenapa begitu? Yah, karena perangkat laptop hadir dengan bentuk yang minimalis dan mobile, namun sebagian orang juga menuntut kemampuan dan performa gaming yang baik, oleh karenanya beberapa vendor laptop dan graphic card berusaha membuat perangkat laptop yang mampu memainkan game terbaru dengan baik dan dapat diupgrade. Hal ini merupakan kabar baik bagi developer ataupun seseorang yang suka dengan kebisaan oprek komputer atau laptop.

Bentuk VGA Card pada laptop berbeda dengan VGA Card yang biasa ditemui pada koputer PC, bentukanya tipis biasanya tanpa fan heatsink untuk memangkas ukuran dan juga memiliki slot yang berbeda pula, pada laptop disebut port MXM. Anda bisa melihat gambar diatas untuk lebih jelasnya. Laptop yang memiliki slot VGA Card biasanya memiliki ukuran yang agak lebih tebal dibanding dengan ukuran Laptop pada umumnya.

Koneksi Graphic Card Pada Laptop Selain Port MXM
Walau mirip dengan slot kartu grafis yang terhubung melalui MXM, tetapi tidak semua notebook dapat dihubungkan dengan kartu grafis eksternal, hal ini dikarenakan sebagian besar antarmuka tidak memiliki arsitektur PCIe dan tidak mampu mencapai kecepatan bandwidth yang dibutuhkan. Misalnya, bandwidth rendah dari antarmuka USB 2.0, Firewire, slot kartu SD, dll. Dan bandwith tertinggi dari USB 3.0 yang bisa mencapai kecepatan transfer yang tinggi, tetapi tidak memiliki arsitektur PCIe. selain itu driver grafis juga akan diperlukan untuk bisa menggunakan kartu grafis eksternal. Berikut beberapa port yang dapat dipasangi graphic Card.

ExpressCard
Sambungan melalui slot ExpressCard merupakan hal yang paling umum. Mendukung kecepatan bandwidth hingga 5 Gbits. Dibandingkan dengan USB 3.0, standar ini memiliki koneksi x1 PCIe, sehingga memungkinkan untuk dapat dihubungkan dengan kartu grafis.

mPCIe
Slot mPCIe jarang digunakan untuk menghubungkan kartu grafis. Karena biasanya port ini kebanyakan digunakan untuk WLAN atau juga modul Bluetooth. Sayangnya, slot ini berada di bagian bawah notebook dan pihak produsen sering tidak melakukan soldering beberapa sambungan PCIe penting. Slot mPCIe memiliki koneksi x1 PCIe dan koneksi USB 2.0.

Thunderbolt
Thunderbolt dikembangkan oleh Intel bekerjasama dengan Apple. Tercatat sejak akhir 2013, thunderbolt memiliki kecepatan bandwidth 20 Gbits dengan koneksi x4 PCIe. Thunderbolt saat ini merupakan antarmuka tercepat untuk menghubungkan kartu grafis eksternal. Karena kompleksitas antarmuka dan karena hanya beberapa adapter yang ditawarkan, harga sebuah adapter grafis sangat tinggi.

Related Posts:

0 Response to "Laptop Dengan GPU Card"

Post a Comment