Penjelasan Keunggulan Kekurangan Antara Masing-Masing Printer Tinta Dan Toner

Ketika kita bekerja diruang percetakan, tentunya kita akan menemui alat yang namanya Printer. Printer merupakan sebuah alat mencetak tulisan dan gambar dipermukaan kertas (umumnya kertas, beberapa printer bisa menggambar di permukaan kain). Setiap printer datang dengan kemampuan yang berbeda-beda, memiliki keunggulan dan kekurangan di masing-masing kelasnya. Disini kita akan membahas mengenai kekurangan dan Keunggulan antara Printer Tinta dan Printer Toner.

Printer Tinta dan Printer Toner merupakan sebuah alat yang menghasilkan produk yang sama, tetapi memiliki cara kerja yang berbeda dalam proses pembuatanya. dan inilah yang menimbulkan keuntungan dan kerugian pada kedua printer ini.

Setiap keunggulan dan kekurangan dapat di sesuaikan dengan pribadi masing-masing supaya dapat menghasilkan keuntungan yang lebih, apakah kita sesorang yang mencari efesiensi harga dalam memproduksi hasil cetakan tetapi harus melakukan perawatan terhadap printer, atau kita adalah sesorang yang lebih memilih santai dan tidak terlalu memikirkan keuntungan dan perawatan printer?. Kita akan ulas mengenai kedua jenis Printer ini.

Printer Tinta / Injek / Ink-Jet
Printer Tinta adalah Sebuah printer yang menggunakan tinta sebagai bahan utama untuk mewarnai permukaan kanvas (bisa kertas atau kain,tergantung tujuan printer itu dibuat). Printer tinta terkadang juga disebut sebagai Printer Injek (semprot). hal ini dikarenakan dalam proses pewarnaan kertas, mesin pada Printer Tinta akan menyemprotakan tinta dengan volume yang telah diukur, sedangkan untuk menghasilkan warna yang berbeda-beda, Printer Tintan menggunakan kombinasi warna (percampuran warna dengan perbandingan tertentu untuk mendapatkan warna yang lain).

Printer tinta menggunakan 4 varian warna Tinta yang berbeda yaitu Black (B), Magenta (M / Umumnya sesorang melihat warna Magentha dengan warna Merah), Cyan (C / Umumnya sesorang melihat warna Cyan dengan warna Biru) dan Yellow. Setiap Printer Tinta juga memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, contoh saja Pada Printer Bermerek Epson mungkin akan menggunakan tinta yang berbeda dengan Printer yang bermerek Canon. Ada dua kategori dari tinta inkjet, yaitu dye-based (tinta berbasis pewarna) dan pigment-based (tinta berbasis pigmen). Tinta dye-based menggunakan pewarna yang larut dalam cairan. Tinta pigmen menggunakan bubuk ultra-halus yang larut dalam cairan.

Cara Kerja Printer Tinta
Printer Tinta memiliki bagian Cardtridge, Tangki Tinta, Komponen IC dan Mensin mekanik untuk menggerakkan Cartridge dari kiri ke kanan. Cardtride berfungsi untuk menyemprotkan tinta ke permukaan kertas, Ink Tank untuk menampung tinta, IC (Integrated Circuit / Prosesor) untuk menerjemah sinyal yang dikirim dari kompouter sekaligus mengendalikan Cartridge, seberapa besar tinta yang harus disemprotkan oleh cartdtrige.

Kelebihan Printer Ink Jet
  • Kualitas cetak foto yang tinggi, jika menggunakan kertas foto khusus.
  • Kecepatan tinggi untuk pekerjaan ringan.
  • Harganya perangkat printer lebih murah dibanding Printer laser.
Kekurangan Printer Ink Jet
  • Printer ink-jet tidak bisa menandingi kecepatan cetak printer laser jet yang paling lambat sekalipun.
  • Cartridge tinta relative kecil sehingga harus sering ganti.
  • Harga cetak perhalaman lebih tinggi disbanding dengan printer laser.
  • Warna bisa luntur saat belum kering atau terkena cairan.

Printer Toner / Laser
Printer Toner memiliki panggilan lain yaitu Printer Laser karena dalam proses pewarnaanya menggunakan laser untuk menempelkan tinta bubuk ke permukaan kertas. Berbeda dengan Printer Tinta, Printer Toner menggunakan Bubuk kering namun sama-sama mengunakan 4 varian warna yang berbeda yaitu Black (B), Magenta (M / Umumnya sesorang melihat warna Magentha dengan warna Merah), Cyan (C / Umumnya sesorang melihat warna Cyan dengan warna Biru) dan Yellow. Namun kebanyakan Printer Toner / Laser hanya bisa mencetak warna hitam.

Cara Kerja Printer Toner
Banyak sekali bagian-bagian mekanik (bergerak) dari Printer Toner, namun bagian yang paling utama adalah Laser, IC (Integrated Circuit / Prosesor), Bubuk toner, Drum/Tabung yang berputar dan pemanas. Sebelum permukaan kertas bertemu dengan permukaan drum, drum yang berputar akan disambar oleh laser. Cahaya laser tersebut akan melepaskan ion negatif yang ada pada permukaan drum, sambaran laser akan membentuk pola karakter tulisan atau gambar yang terukir melalui permukaan drum yang tersambar oleh laser dan yang tidak. Tinta bubuk yang halus akan menempel pada drum akibat dari drum yang kehilangan muatan negatifnya dan secara bersamaan dihalangi oleh kertas, tinta tesebut akhirnya menempel di kertas dan proses terakhir adalah memanaskan dan memapatkan tinta bubuk di permukaan kertas.

Kelebihan Printer Laser Jet
  • Kualitas cetak text yang tinggi (kontras hitam dan putih).
  • Kecepatan cetak tinggi.
  • Memiliki beragam pilihan termasuk collator dan stapler.
  • Biaya mencetak kertas lebih rendah karena kebutuhan tinta kecil.

Kekurangan Printer Laser Jet
  • Output foto lebih buruk (karena pada laser ada resolusi halaman dengan satuan pixel).
  • Harga printer laser warna lebih mahal dari pada ink jet warna.
  • Kemungkinan cetak warna yang tidak pas pada printer LED membuat gambar menjadi kabur.
  • Output printer tinta padat bisa membuat paper jam mesin fotokopi atau scanner dengan auto feeder.
  • Jika mesin utama rusak, resiko besar menjadi barang sonsokan

Related Posts:

0 Response to "Penjelasan Keunggulan Kekurangan Antara Masing-Masing Printer Tinta Dan Toner"

Post a Comment